Tips Menggoreng Bawang Merah Yang Enak Dan Renyah Tahan Lama


Bawang merah adalah tanaman yang sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia terutama dalam masakan. Manfaat bawang merah yang diolah dengan cara dimasak bisa dijadikan penyedap alami dalam berbagai jenis masakan. 

Kandungan dalam bawang merah pun sangatlah banyak, salah satunya flavonglikosida yang bermanfaat sebagai antiradang, pembasmi bakteri, dan menurunkan panas. Bawang merah pun mengandung manfaat kalsium, protein, lemak baik, fosfor, serta beberapa jenis vitamin seperti vitamin B1 dan vitamin C. 

Menyantap sebuah hidangan dengan tambahan bawang merah goreng memang paling nikmat. Bawang merah goreng juga bisa disantap dengan berbagai jenis hidangan. Bawang merah goreng memang bisa memberi aroma yang menyenangkan di hidung, mulut, dan lidah. Apalagi jika bawang merah gorengnya itu renyah. Karena itu, menyetok bawang merah goreng di rumah merupakan ide yang cerdas. 

Tapi daripada beli terus, tidak ada salahnya kamu sesekali mencoba membuatnya sendiri di rumah. Tenang, kamu bisa kok membuat bawang merah goreng yang tidak hanya enak saja namun juga renyah tahan lama dengan tips dibawah ini. 

Untuk membuat bawang merah goreng renyah yang tahan lama, kamu harus menggunakan jenis bawang Sumenep – Brebes. Keduanya memiliki bentuk agak kecil, lonjong, dan cenderung sedikit kadar airnya. Rasanya juga manis sehingga enak diolah menjadi bawang goreng. Bahkan bawang merah Brebes memiliki kelebihan pada aroma yang lebih menonjol 

Tanpa basa – basi lagi, mari simak tips menggoreng bawang merah yang enak dan renyah tahan lama dibawah ini.

  1. Iris 

Iris tipis – tipis bawang merah. Pastikan mengirisnya tidak terlalu tebal atau juga tidak terlalu tipis. Karena jika terlalu tebal, mungkin bawang merah goreng renyah diluar namun masih basah didalam. Jika sudah begitu, kerenyahan bawang goreng tidak bisa tahan lama. 

  1. Keringkan Sebentar

Setelah diiris tipis – tipis, tata melebar bawang merah diatas tampah. Kemudian biarkan sebentar agar mengering dan kadar airnya semakin berkurang. Diamkan selama kurang lebih selama setengah jam. Cara ini bisa membuat kerenyahan bawang merah goreng bisa bertahan lama. 

  1. Taburkan Tepung Maizena

Taburkan sedikit tepung maizena diatas bawang merah goreng sebagai perenyah. Pastikan sedikit menaburkannya karena jika terlalu banyak maka bisa jadi hasilnya mirip bawang merah goreng tepung. 

  1. Goreng Dengan Minyak Kelapa

Gunakan minyak kelapa untuk mendapatkan bawang merah goreng yang renyahnya tahan lama. Atau bisa juga menggunakan minyak sayur biasa, namun kerenyahannya tidak bisa bertahan selama menggunakan minyak kelapa. 

Masukkan bawang merah saat minyaknya sudah panas. Kemudian goreng dalam api kecil saja sembari diaduk agar matangnya merata dan kering betul. Dengan begitu, bawang merah goreng bisa renyah tahan lama. 

  1. Angkat Sebelum Cokelat 

Segera angkat bawang merah goreng saat warnanya sudah keemasan. Jangan tunggu hingga cokelat karena proses pematangan bawang merah masih terus berlangsung setelah diangkat dari minyak. Nantinya, bawang merah goreng yang keemasan itu akan berubah kecokelatan kemudian. 

  1. Tiriskan

Sebaiknya bawang merah goreng dibiarkan terlebih dahulu diatas penirisnya untuk beberapa saat. Jangan langsung dituangkan ke atas kertas minyak. Sebab, minyak yang menyerap dikertas akan mengenai bawang merah goreng, membuatnya basah dan akhirnya tidak terlalu renyah. 

Bagaimana, tidak sulit kan membuat bawang merah goreng yang kerenyahannya tahan lama? Apalagi untuk menemukan jenis bawang merah Sumenep atau Brebes pun sangat mudah karena banyak dijual di pasaran. 

Goreng bawang merah dengan menerapkan tips diatas, kemudian jangan lupa untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara setelah dingin. Dijamin, bawang merah goreng buatan kamu bisa renyah tahan lama. 

Comments

Popular posts from this blog

5 Cara Merawat Tas Kulit Supaya Tidak Mengelupas

10 Rekomendasi Nama Modern Bermakna Pembawa Rezeki Untuk Bayi Laki Laki.

Cara Cek Resi TIKI Tercepat