Penting, Inilah Tanda Ketika Whatsapp Kita Sudah Disadap!

Penting, Inilah Tanda Ketika Whatsapp Kita Sudah Disadap! Simak Selengkapnya di Sini!

Sumber: WhatsApp

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi chatting yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia. Kepopuleran Whatsapp di Indonesia memang sangat besar dan sudah cukup lama, sebagian besar orang yang memiliki smartphone di Indonesia pasti menggunakan Whatsapp.

Penyadapan merupakan salah satu tindak kriminal yang seringkali terjadi melalui aplikasi Whatsapp. Tentunya hal ini akan memberikan kerugian di salah satu pihak, yaitu pemilik akun Whatsapp yang disadap.

Ada beberapa tanda yang perlu kalian waspadai, yang bisa menjadi pertanda ketika Whatsappmu disadap!

1. Pesan random terkirim tanpa sepengetahuan pengguna

Sumber: CNBC Indonesia

Salah satu tanda maupun ciri mencolok ketika whatsapp kita sudah disadap adalah ketika ada pesan yang terkirim padahal kita tidak melakukannya. Hal ini bisa jadi merupakan pesan yang dikirim seseorang menggunakan akun whatsapp ketika sudah tersadap.

Memang bisa mengirim pesan otomatis jika kita menggunakan bot tanpa harus kita ketahui. Tetapi, jika kalian tidak pernah menggunakan bot untuk mengirim pesan dan sejenisnya, bisa jadi itu adalah tanda bahwa Whatsapp mu sudah tersadap.

Baca juga: Rekomendasi Resep Makanan Menggunakan Magic Jar

2. Status online ketika kita tidak membuka Whatsapp

Sumber: PCMag

Pernahkah kalian ditegur oleh teman karena tidak membalas pesan Whatsapp padahal sedang online, tetapi sebenarnya kalian tidak sedikitpu membuka Whatsapp? Jika iya, mungkin itu bisa jadi sebuah pertanda bahwa Whatsapp mu sudah disadap.

Untuk megetahui lebih jelasnya, mungkin kalian bisa juga meminta bantuan teman untuk memantau status aktivitas Whatsapp kalian. Bisa juga dengan menggunakan akun Whatsapp lain yang mungkin kalian miliki.

3. Pesan terbaca, padahal belum dibaca

Sumber: BBC

Ketika ada pesan yang baru masuk, biasanya tampilan room chat akan memberikan tanda berupa warna maupun tonjolan pada gelembung pesan yang menandakan bahwa kamu belum membaca pesan tersebut. Tetapi, kamu perlu curiga ketika ada pesan masuk tetapi kamu sama sekali tidak melihat perubahan warna pada tampilan room chat.

Bisa jadi ada seseorang yang sudah membuka pesan tersebut terlebih dahulu sebelum kamu. Sehingga, Whatsapp sudah segera menghilangkan tanda bahwa pesan tersebut belum dibaca. 

Selain itu, kamu juga bisa melakukan pengecekan menggunakan akun lain atau bertanya kepada pengirim pesan tersebut. Apakah ada keanehan yang terjadi ketika mengirim pesan kepada dirimu.

4. Akun Whatsapp keluar secara tiba-tiba

Sumber: Marca

Whatsapp merupakan sosial media yang akunnya tidak bisa diguakan dalam dua perangkat secara bersamaan, kecuali menggunakan Whatsapp web. Jika nomor yang sama digunakan pada perangkat berbeda, maka akun tersebut akan keluar dengan sendiriya di salah satu perangkat.

Oleh karena itu, akun Whatsapp yang keluar secara tiba-tiba bisa menjadi salah satu pertanda bahwa ada orang yang mencoba untuk menyadap Whatsapp mu. Biasanya, ketika hal ini terjadi akan muncul seuah notifikasi:

"Nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar di WhatsApp pada telepon. Mungkin karena Anda telah mendaftarkannya pada telepon lain. Jika Anda tidak melakukan ini, verifikasi nomor telepon Anda untuk masuk kembali ke akun Anda".

Jika kamu mendapati notifikasi tersebut, jangan sekali-kali mecoba utuk menekan ‘oke’. Lakukan verifikasi segera untuk mempertahankan akun Whatsapp agar tidak dipegang oleh pihak lain.

5. Ada kode OTP masuk

Sumber: Wikipedia

Tanda lain yang akan muncul ketika Whatsappmu tersadap atau akan disadap adalah munculnya pesan berisi kode OTP untuk verifikasi Whatsapp. Jika pesan seperti ini muncul, kamu harus berhati-hati, jangan sampai menyebarkan kode tersebut kepada orang lain.

Jika orang yang berusaha menyadap mengetahui kode OTP tersebut, kemungkinan besar akunmu akan jatuh kepada penyadap.

Itulah beberapa tanda jika Whatsappmu tersadap atau sedang berusaha disadap. Kalian perlu kewaspadaan terhadap setiap orang, bahkan terhadap orang-orang terdekat.



Comments

Popular posts from this blog

5 Cara Merawat Tas Kulit Supaya Tidak Mengelupas

10 Rekomendasi Nama Modern Bermakna Pembawa Rezeki Untuk Bayi Laki Laki.

Cara Cek Resi TIKI Tercepat