Ingin Lulus Tes CPNS? Terapkan 5 Tips Dibawah Ini!

Seleksi CPNS memang selalu menarik perhatian dan mendapatkan antusias tinggi dari masyarakat. Hal wajar jika rekrutmen ini selalu dibanjiri oleh peminat setiap tahunnya, tidak terkecuali seleksi CPNS tahun 2022 mendatang.

Setelah seorang peserta dinyatakan lolos seleksi admintrasi, maka selanjutnya ia akan memasuki tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang menjadi tes tulis pertama. Karena jumlah peminatnya tidak sedikit tentunya diperlukan usaha maksimal agar bisa lolos dalam seleksi ini. 

Bagi kamu yang belum pernah mengikuti tes SKD, maka dibawah ini terdapat 5 tips yang bisa diterapkan agar bisa lulus CPNS tahun 2022 mendatang. 

  1. Strategi Memilih Formasi

Ada banyak persiapan yang perlu dilakukan sebelum mengikuti seleksi CPNS. Salah satunya yaitu strategi memilih formasi. Memilih formasi yang dituju dalam seleksi CPNS perlu kamu lakukan dengan penuh pertimbangan. Selain memperhatikan kemampuan diri sendiri, pastikan juga kamu melihat sebanyak apa peminat formasi tersebut. 

Sebaiknya memilih formasi yang sedikit peminatnya. Karena dengan demikian, peluang kamu untuk bisa lolos lebih besar. 

  1. Persiapkan Dokumen Yang Diperlukan

Kelengkapan dokumen menjadi syarat mutlak untuk bisa mengikuti seleksi CPNS. Karena itu, sebelum melamar, pastikan kamu sudah menyiapkan semua kebutuhan dokumen untuk pendaftaran dengan lengkap. 

Jangan lupa juga untuk memastikan apakah seluruh dokumen yang sudah disiapkan tadi valid dan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh instansi dan formasi yang dilamar. 

Jangan coba – coba memalsukan dokumen atau tidak memenuhi persyaratan. Karena setelah selesai melakukan seluruh rangkaian tes, selanjutnya akan ada proses pemberkasan untuk memeriksa lagi kelengkapan dokumen yang dilampirkan pada tahap adminstrasi. 

Jadi, meski nanti sudah lulus SKD atau SKB, namun jika ditemukan ada dokumen yang tidak lengkap atau tidak sesuai dengan syarat, maka bisa dipastikan peserta yang bersangkutan tidak akan diluluskan. 

  1. Memahami Materi Ujian

Sesuai dengan Permen PANRB Nomor 27 Tahun 2021 perihal pengadaan PNS menerangkan bahwa tes SKD CPNS memuat tiga mata ujian yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). 

Mengingat setiap materinya memiliki tingkat kesulitannya masing – masing. Karena itu, kamu perlu mempelajari terlebih dahulu kisi – kisi soalnya sebelum dihadapkan pada tes CPNS. 

Kamu bisa mendapatkan informasi tersebut melalui laman resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) atau memperhatikan juga pasal – pasal Permen PANRB Nomor 27 Tahun 2021. 

  1. Sering Latihan Soal

Setelah kamu memahami kisi – kisi soal, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan sering mengerjakan latihan soal. Dengan sering mengerjakan soal bisa membantu kamu menjadi lebih terbiasa dengan jenis soal yang disajikan. 

Kini sudah ada banyak latihan soal yang bisa diakses di internet secara gratis. Bahkan, BKN juga menyediakan portal resmi untuk berlatih soal dengan metode Computer Assisted Test (CAT). 

  1. Memperhatikan Passing Grade

Syarat utama untuk bisa lolos tes CPNS 2022 mendatang adalah dengan memenuhi passing grade atau nilai ambang batas yang sudah ditentukan. Jadikan passing grade tersebut sebagai acuan agar dapat lolos tes CPNS. 

Itulah 5 tips lulus CPNS yang bisa kamu terapkan. Selain kelima tips diatas, masih ada tips lain yang bisa diterapkan yaitu mengawalinya dengan doa. Saat tiba di hari H tes CPNS, jangan lupa untuk meminta doa restu ke orang tua sebelum berangkat ke lokasi ujian. Berdoa dengan harapan agar diberi kelancaran dan kemudahan. Panjatkan doa juga sebelum mulai mengerjakan soal. 

Comments

Popular posts from this blog

5 Cara Merawat Tas Kulit Supaya Tidak Mengelupas

10 Rekomendasi Nama Modern Bermakna Pembawa Rezeki Untuk Bayi Laki Laki.

Cara Cek Resi TIKI Tercepat