Cilok – Jajanan Khas Bandung dari Adonan Tepung


Cilok menjadi salah satu jajanan kaki lima yang populer berasal dari kota Bandung di Jawa Barat. Cilok merupakan singkatan dari aci di colok. Aci berarti tepung tapioka dalam dialek Sunda. Di colok berarti tindakan menusuk. 

Jadi pada dasarnya bola-bola tapioka yang sudah dimasak ditusuk/ditusuk di tusuk sate bambu. Aci di colok dianggap agak panjang untuk percakapan sehari-hari sehingga mereka menyingkatnya menjadi cilok (aCI di coLOK). Bola-bola tapioka kemudian disajikan dengan saus kacang gurih, gerimis sambal dan sedikit kecap manis. 

Cilok sendiri tidak banyak rasa dan perlu disajikan dengan saus kacang atau saus lainnya. Memiliki tekstur kenyal berkat tepung tapioka. Jika kamu pernah memiliki tang yuan Cina (bola nasi ketan) atau dango Jepang, teksturnya akan sama. 

Cara membuatnya sangat mudah dan cepat dibuat. Cilok menjadi makanan pembuka yang menyenangkan. Cilok kemungkinan akan mengeras apabila dibiarkan pada suhu ruangan selama berjam-jam, yang normal. Setelah dipanaskan, mereka akan melunak lagi

Resep Cilok

  1. Siapkan Saus Kacangnya

Masukkan kacang tanah, bawang putih, dan cabai ke dalam food processor dan proses menjadi tekstur yang halus. Jika kamu tidak memiliki food processor, kamu juga bisa menggunakan blender atau cobek.

Pindahkan ke wajan atau panci. Tambahkan sisa bahan dan didihkan dan masak sampai saus sedikit mengental. Cicipi rasa dan tambahkan lebih banyak garam dan/atau gula sesuai selera Kamu. Kuahnya sedikit pedas, gurih, dan manis. Saus bertahan hingga 1 minggu jika disimpan di suhu kulkas.


  1. Siapkan Adonan Tapioka

Tempatkan semua bahan ke dalam mangkuk besar, kecuali air panas. Aduk untuk mencampur. Tuang dalam air mendidih panas secara bertahap, sekitar 1/3 sekaligus. 

Gunakan spatula untuk mengaduk agar tercampur pada awalnya dan kemudian ketika tidak terlalu panas lagi, gunakan tangan Kamu untuk menguleni menjadi adonan yang halus.

Kamu dapat berhenti menambahkan air jika Kamu mampu membentuk adonan yang halus. Tutup dan istirahatkan adonan selama 30 menit. Jangan lewatkan langkah ini.

  1. Bentuk Menjadi Bola

Gulung adonan menjadi bola – bola kecil. Ulangi dengan sisa adonan. Jauhkan mereka tertutup. Jika Kamu berencana untuk memberi isian (opsional), bentuk adonan menjadi seperti mangkuk dan masukkan isian ke dalamnya.

Tutup untuk menutup rapat. Didihkan air dalam panci besar saat Kamu hampir selesai membentuk adonan

  1. Rebus Bola-Bola Tapioka

Saat air mendidih, tambahkan 1 sendok teh minyak. Masukkan bola tapioka. Aduk sedikit agar tidak tenggelam ke dasar dan menempel di dasar panci. Biarkan mendidih selama 10-15 menit berikutnya. 

Saat cilok sudah mulai mengapung, berikan waktu tambahan sekitar 10 menit untu memastikan bahwa cilok benar – benar matang. Bagian dalamnya mungkin belum matang. Angkat dari air mendidih dan biarkan dingin. Bola-bola tersebut bisa ditusukkan ke tusuk sate, masing-masing sekitar 4 cilok.

  1. Sajikan

Sajikan cilok dengan taburan saus kacang dan saus sambal. Kamu juga bisa menyajikan saus sambal instan pedas jika ingin.

Saran Pengisian

  • Daging

Disarankan daging giling, ayam, atau sosis yang sudah dimasak. Kamu bisa menggunakan sosis ayam matang yang digiling dalam food processor.

  • Keju

Kamu bisa menggunakan keju kubus, keju parut, atau jenis keju lainnya.

  • Telur

Kamu juga bisa membuat telur dadar lalu potong dadu kecil-kecil.


Baca juga: Resep Jajanan Khas Bandung : Cireng Crispy dengan Saus Internasional

Comments

Popular posts from this blog

5 Cara Merawat Tas Kulit Supaya Tidak Mengelupas

10 Rekomendasi Nama Modern Bermakna Pembawa Rezeki Untuk Bayi Laki Laki.

Cara Cek Resi TIKI Tercepat