Begini Cara Mudah Mengetahui Emas Asli dan Palsu

Begini Cara Mudah Mengetahui Emas Asli dan Palsu, Simak di Sini!

Sumber: Youtube

Sampai saat ini keberadaan emas palsu memang masih banyak dijumpai di pasaran. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara membedakan emas asli dan palsu. Emas itu sendiri merupakan salah satu jenis logam mulia yang kerap dijadikan investasi jangka panjang. 

Pasalnya, hal tersebut dikarenakan harga emas yang selalu stabil bahkan cenderung naik pada setiap bulannya. Tak hanya dijadikan sebagai investasi, emas juga tentunya selalu menjadi andalan dalam momen-momen tertentu, seperti resepsi pernikahan, tunangan, kado ulang tahun, dan lain sebagainya. 

Sebenarnya ada beragam cara yang dapat kita lakukan untuk mengetahui tingkat keaslian emas. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mending kita simak saja langsung ulasan di bawah ini. 

5 Langkah Mudah Untuk Membedakan Emas Asli dan Palsu Secara Manual:

1. Mengecek Sertifikasi Emas

Sumber: Tokopedia

Cara manual pertama yang bisa kamu coba untuk membedakan emas asli dan palsu, yakni dengan memeriksa setifikasi emas tersebut. Dalam hal ini, kamu bisa meletakkan sertifikat emas tadi di bawah sinar ultraviolet. 

Setelah terkena sinar ultraviolet, biasanya sertifikasi emas tersebut akan muncul garis minor berwarna-warni seperti halnya uang kertas. Bukan hanya itu, terdapat pula blok yang berwarna hijau pada setiap deskripsi detailnya. Selain itu, pastikan pula terdapat logo watermark perusahaan peencetak sertifikat yang asli. 

2. Mengecek Keaslian Emas Melalui Suara

Sumber: IDX Channel

Selain melalui sertifikasi, kamu juga bisa mengecek keaslian emas melalui suara. Lantas, bagaimana cara mengeceknya? 

Kamu hanya perlu mengetuk-ngetuk emas tersebut dengan menggunakan uang koin. Biasanya, emas yang asli itu akan menciptakan suara dering panjang dan bernada tinggi saat dibenturkan dengan logam lain.

Berbeda dengan emas imitasi, dimana suara yang dihasilkannya jauh lebih pendek saat diketukkan dengan logam lain. 

3. Melalui Aplikasi CertiEye

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa kecanggihan teknologi gadget di masa sekarang ini dapat memudahkan berbagai aktivitas. Begitu pun dalam mengecek keaslian emas yang bisa dilakukan melalui sebuah aplikasi bernama CertiEye. 

Menurut informasi yang didapat, cara mengecek emas asli melalui teknologi CertiEye ini dapat meningkatkan keamanan produk emas batangan antam lho. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yang mana kamu hanya perlu medownload aplikasi CertiEye di smartphone, kemudian lakukan pemindaian di barcode yang tertera pada setiap produk emas batangan tersebut. 

Dengan begitu, nantinya kamu akan mendapatkan hasil yang memberitahukan informasi seputar tingkat keaslian emasnya. 

4. Mengecek Keaslian Emas Dengan Cara Mengigit

Sumber: Youtube

Pada dasarnya emas merupakan logam mulia yang bersifat lunak, sehingga ia mudah sekali dibentuk. Emas yang asli biasanya akan meninggalkan bekas setelah digigit. Namun, cara yang satu ini tidak bisa dijadikan acuan dalam menilai tingkat keaslian emas. Mengapa demikian?

Pasalnya, ada kemungkinan juga emas palsu terbuat dari bahan logam timah yang termasuk golongan lunak. Oleh karena itu, sebaiknya kamu berbelanja emas di toko emas yang sudah terpercaya. 

5. Perhatikan Warnanya

Sumber: Tentang Tamasia

Cara manual berikutnya yang bisa kamu coba untuk mengecek keaslian emas, yakni dengan memperhatikan warnanya. Coba gosok-gosok permukaan emas dengan menggunakan telapak tangan atau jari telunjuk.

Apabila setelah digosok-gosok warnanya menjadi pudar dan tidak seragam, maka bisa dipastikan bahwa emas tersebut adalah palsu. Sebaliknya jika tidak menglami perubahan warna, itu artinya adalah emas asli. Bagaimana, cukup mudah dan simple bukan?


Comments

Popular posts from this blog

5 Cara Merawat Tas Kulit Supaya Tidak Mengelupas

10 Rekomendasi Nama Modern Bermakna Pembawa Rezeki Untuk Bayi Laki Laki.

Cara Cek Resi TIKI Tercepat