Cara Membuat Rendang Padang Kering dengan Bumbu Rendang Kering



Rumah makan Padang sudah tersebar  di seluruh Indonesia bahkan diberbagai belahan dunia. Banyak restoran di Padang telah dibuka di beberapa negara, sebagai salah satu cara menghilangkan kerinduan akan makanan Indonesia. Nggak asyik juga kalau ke rumah makan di Padang tanpa makan rendang kering.


Bumbu asli daging sapi minang di resep rendang kering padang memang bikin rasa dagingnya jadi enak. Tips memasak daging sapi langka dengan bumbu hanya perlu bersabar, karena waktu memasak untuk hidangan kering, terutama yang hitam langka, sedikit memakan waktu, tetapi Anda akan puas dengan sensasi rasa yang unik.


Rendang Kering Andalan Rumah Makan Padang


Masakan ini berasal dari Sumatera Barat khususnya Minangkabau. Bagi masyarakat Minang, rendang merupakan hidangan yang sudah menjadi tradisi dan disajikan dalam berbagai acara adat, dalam menu sehari-hari. Memasak rendang memang tidak mudah, apalagi bumbu rendang kering. Membutuhkan kesabaran karena Anda harus memasak selama berjam-jam. 


Namun, kesabaran itu akan terbayar dengan rasa yang nikmat, sehingga nasi gulung Padang menjadi terkenal di luar negeri. Bahkan sekarang ini rendang kering kerap dijadikan oleh oleh khas Tanah Minang atau sekitarnya. Berikut merupakan sebuah resep rendang yang bisa Anda buat sendiri dengan mudah di rumah.


Bahan Yang Dibutuhkan

Bahan utama :

  • 1 kg daging sapi

  • 3 butir kelapa kemudian parut serta ambil santannya


Bumbu yang dihaluskan :

  • 50 gr bawang merah

  • 1 sdm bawang putih halus

  • 200 gr cabe merah keriting

  • 2 sdm jahe

  • 2 ruas lengkuas

  • ½  butir pala

  • 1 sdt ketumbar

  • 4 keping bunga lawang

  • 2 buah cengkeh

  • 2 butir kemiri

  • Garam secukupnya


Bumbu lainnya :

  • 1 batang serai

  • 1 lembar daun kunyit

  • 4 lembar daun jeruk purut


Cara Memasak Rendang Padang

  1. Potong daging yang sudah dibersihkan sesuai selera

  2. Kemudian bagi 2 bagian dari bumbu tersebut lalu dihaluskan serta bumbu lainnya

  3. Lalu bumbu yang sudah terbagi tadi Anda campurkan langsung ke santan, untuk yang satunya lagi lalu campurkan ke daging

  4. Setelah itu ungkep daging dengan menggunakan api kecil sampai kondisi air menyusut

  5. Kemudian masak santan yang tadi sudah Anda bumbui dengan menggunakan api kecil.

  6. Sesudah santan matang lalu masukkan daging yang tadinya sudah diungkep

  7. Aduk sesekali agar santan dan bumbu tidak lengket di wajan

  8. Setelah itu masak sampai santan mengering menjadi seperti bumbu yang berminyak dan meresap ke dalam daging

  9. Rendang yang sudah berwarna coklat kehitaman siap diangkat

  10. Proses pengapian rendang setidaknya memakan waktu 4 jam.


Cara Sehat Menikmati Rendang Padang


Bumbu rendang kering memang nikmat disajikan setiap saat. Agar hidangan ini dapat dinikmati sepenuhnya dan sehat, Anda harus memakannya dengan sayuran seperti daun singkong rebus atau sayuran lain seperti sayuran segar. 


Rendang yang mengandung santan memang sangat rentan bagi penderita penyakit tertentu seperti kolesterol. Karena itu, dimungkinkan untuk menyeimbangkan dengan sayuran lebih awal. Jika Anda menyukai makanan pedas, sajikan dengan sambal khas Padang yaitu lado mudo atau sambal merah. Disajikan dengan sepiring nasi hangat, sajian ini pasti jadi favorit keluarga.


Tips Agar Rendang Tahan Lebih Lama 


Biasanya menggunakan kelapa (karambia) langsung dari Tanah Minang tapi jika tidak memiliki bisa juga menggunakan kelapa biasa. Gunakan api kecil dan aduk terus hingga bahan tercampur diserap dengan sempurna. Masak dengan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.


Bumbu rendang kering yang dimasak dengan baik dapat bertahan selama beberapa minggu  tanpa bahan pengawet. Rendang Padang buatan sendiri tidak ada duanya karena dimasak dengan kesabaran dan penuh cinta untuk keluarga. Selamat mencoba resep rendang padang.

Comments

Popular posts from this blog

5 Cara Merawat Tas Kulit Supaya Tidak Mengelupas

10 Rekomendasi Nama Modern Bermakna Pembawa Rezeki Untuk Bayi Laki Laki.

Cara Cek Resi TIKI Tercepat