Kue Labu Kuning Kukus Tanpa Mixer

Kue Labu Kuning Kukus Tanpa Mixer, Mudah dan Murah. Yuk Coba di Rumah!

Sumber: Tastynesia

Jika Anda termasuk penggemar makanan seperti kue atau cake dan ingin membuatnya sendiri di rumah tetapi memiliki keterbatasan alat seperti tidak punya mixer ataupun tidak punya oven, jangan cemas karena ada banyak cara untuk bisa tetap mengeksekusi resep favorit dengan menggunakan peralatan yang mudah ditemui di rumah.

Salah satu resep kue yang bisa Anda eksekusi tanpa menggunakan mixer dan memanggangnya menggunakan kukusan adalah resep brownies di bawah ini yaitu yang merupakan resep kue labu kuning kukus tanpa mixer. Penasaran bagaimana cara memasak kue yang satu ini? Berikut bahan-bahan dan cara pembuatannya.

Siapkan bahan-bahan 

Sumber: Sweetrip.id

Bahan yang perlu Anda siapkan adalah 1 buah labu kuning. Labu yang Anda gunakan lebih bagus jika labu kuning yang sudah cukup matang sehingga akan mudah dihaluskan nantinya. Selain labu, siapkan juga :

  • 2 butir telur 
  • Ovalet sebanyak setengah sendok teh 
  • Vanili bubuk atau vanili cair secukupnya 
  • Tepung terigu sebanyak 200 gram 
  • Minyak goreng sebanyak 5 sendok makan 
  • Gula pasir sebanyak 150 gram atau bisa disesuaikan dengan selera Anda 
  • Soda kue sebanyak setengah sendok teh 
  • Garam secukupnya 

Selain semua bahan di atas, Anda juga membutuhkan mentega atau margarin sebagai olesan pada loyang dan topping seperti meses atau keju yang tentu saja disesuaikan dengan selera.

Baca juga: Aneka Resep Bolu Jadul Beserta Cara Membuatnya

Cara pembuatan

Sumber: Cookpad.com

Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah mengukus labu kuning yang sudah dikupas hingga lembut. Anda bisa memotong-motong labu kuning kecil-kecil sehingga lebih cepat matang, lalu setelah selesai dikukus, Anda bisa menghancurkan dengan menggunakan garpu atau anak cobek hingga halus.

Setelah labu kuning halus, kocok lepas 2 buah telur dan campurkan ke dalam labu. Pada wadah terpisah, siapkan tepung yang telah dicampur dengan soda kue, vanili bubuk dan garam. Selanjutnya campurkan ovalet ke dalam labu bersama minyak, kemudian masukkan campuran tepung, soda kue dan vanili bubuk secara perlahan, aduk hingga tercampur merata.

Cara memasak

Sumber: Youtube

Setelah adonan siap, maka oles loyang yang akan Anda gunakan sebagai wadah adonan kue kita dengan mentega sehingga permukaannya tertutup rata lalu taburi sedikit tepung ke dalam loyang dan kebaskan hingga semua tepung yang dimasukkan menempel ke dalam sisi loyang. Bahan campuran mentega atau margarin dengan tepung untuk lapisan awal loyang ini disebut carlo yaitu lapisan yang akan membuat adonan kue kita tidak lengket Ke dalam loyang dan mudah dilepaskan ketika matang nanti. 

Untuk toping, bisa Anda masukkan sekarang seperti parutan keju atau taburan meses, mungkin taburan sprinkle warna warni. Semuanya tergantung selera masing-masing ya

Didihkan air di dalam kukusan, pasang serbet pada tutup agar tidak ada air yang menetes ke dalam kue lalu masukkan adonan ke di dalam loyang ke kukusan dan kukus selama kurang lebih 30 menit. Setelah 30 menit berlalu, buka tutup kukusan dan lakukan tes tusuk.  Jika sudah tidak ada kue yang menempel pada tusuk sate yang kita gunakan untuk tes tusuk ini maka bisa dipastikan kue labu kukus tanpa mixer yang kita masak sudah matang. 

Cara penyajian

Sumber: Kulinerankuy.net

Angkat kue dari kukusan lalu balik ke dalam piring besar, biarkan hingga dingin sebelum Anda potong. Pastikan memotong kue sesuai dengan loyang yang Anda gunakan dan sajikan bersama kopi atau teh hangat sebagai cemilan pagi hari sebelum beraktivitas atau cemilan sore hari kala bersantai bersama keluarga

Itulah tadi cara mudah membuat kue labu kuning kukus tanpa mixer yang bisa Anda coba di rumah. Semoga bermanfaat.

Baca juga: 2 Resep Puding Mozaik Nutrijel Enak


Comments

Popular posts from this blog

5 Cara Merawat Tas Kulit Supaya Tidak Mengelupas

10 Rekomendasi Nama Modern Bermakna Pembawa Rezeki Untuk Bayi Laki Laki.

Cara Cek Resi TIKI Tercepat