Cara Mudah Menanam & Merawat Tanaman Buah di Pot

Cara Mudah Menanam & Merawat Tanaman Buah di Pot, Baca di Sini!

Sumber: CNN Indonesia

Sebenarnya cara menanam tanaman buah di pot itu bisa dibilang gampang-gampang susah. Ya, meski media tanamnya adalah pot, namun tetap saja membutuhkan teknik dan trik tertentu agar buahnya bisa tumbuh dengan sempurna. 

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa tips mengenai cara menanam serta merawat tanaman buah di dalam pot. Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

1. Pemilihan Bibit

Sumber: Kompas.com

Seperti pemilihan bibit pada umumnya, dimana kamu juga harus bibit buah yang karakteristiknya sesuai dengan lingkungan rumah. Misalkan saja kamu tinggal di dataran rendah, maka jangan pilih tanaman buah yang hidupnya di dataran tinggi. 

Adapun mengenai beberapa jenis bibit buah yang bisa kamu tanam di dalam pot, seperti jeruk, tomat, delima, stroberi, blueberry, semangka, buah naga, nanas, melon, dan lain sebagainya. 

2. Penggunaan Komposisi yang Tepat

Sumber: Popbela.com

Mengingat pot digunakan sebagai media tanamnya, tentu saja kamu harus memperhatikan komposisi lainnya dengan cermat. Lantas, komposisi seperti apa sajakah yang harus dipersiapkan? Komposisi yang dimaksud terdiri dari tanah, arang sekam, dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1:1.

Kamu juga bisa menggunakan komposisi tanam lainnya seperti tanah, sekam, dan pupuk kambing dengan perbandingan 1:1:1. Jika sudah demikian, siapkan pot bahannya terbuat dari kayu atau tanah liat. Sedangkan ukuran pot yang paling ideal digunakan berkisar antara 40 cm sampai 60 cm. 

Baca juga: Tutorial Pakai Pashmina Plisket

3. Lakukan Teknik Penanaman Dengan Benar

Sumber: Kompas.com

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi bahwa penanaman buah dalam pot itu membutuhkan trik tertentu. Untuk teknik penanamannya bisa kamu ikuti seperti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan media tanam berupa tanah dan ayak, kemudian buang batu yang bercampur didalamnya

  • Setelah itu aduk lalu ratakan. Siapkan pot yang berukuran kecil di awal penanaman.

  • Apabila tanamannya sudah tumbuh membesar, baru ganti dengan pot berukuran yang berukuran besar juga

  • Berikutnya letakkan pecahan genteng didasar pot, lalu lapisi dengan sabut kelapa, kemudian isi dengan media tanam yang sudah dicampur tadi

  • Agar tidak terjadi penguapan yang berlebihan, maka kamu harus memotong beberapa daun serta batangnya

  • Lalu buka polybag dan meletakannya di tengah pot 

  • Selanjutnya padatkan media tanam agar kuat dan tidak mudah roboh

  • Jika sudah demikian, barulah kamu bisa menyiramnya dengan air lalu tempatkan pot di area yang sejuk

  • Setelah satu minggu, maka pot tanaman buah tersebut harus kamu pindahkan ke area yang terkena paparan sinar matahari secara langsung. 

4. Melakukan Perawatan

Sumber: Kampus Tani

Apabila tanaman buah yang kamu tanam itu ingin berumur panjang, tentunya harus diberikan perawatan secara berkala. Adapun tahapan perawatannya yang harus dilakukan seperti dibawah ini:

  • Pemupukan

Pada bulan pertama, disarankan bagi kamu untuk melakukan pemupukan terhadap tanaman buah di dalam pot secara rutin. Setelah satu bulan, maka pemupukannya bisa dilakukan dalam empat bulan sekali. 

  • Pemangkasan

Pemangkasan daun harus tetap dilakukan agar bisa merangsang pertumbuhan bunga hingga berbuah. Tak cuma itu, pemangkasan juga bertujuan agar tanamannya terhindar dari hama penyakit. 

  • Pengendalian Hama

Gulma merupakan salah satu hama penyakit yang umumnya menempel pada tanaman buah dalam pot. Apabila tanamannya sudah terserang oleh hama tersebut, secara otomatis tanaman buahnya tidak akan berumur panjang. 

Oleh karena itu, kamu harus segera membersihkan gulma yang menempel pada tanamannya. 

Baca juga: Cara Buat Mie Gacoan Level Angel Sampai Level Iblis


Comments

Popular posts from this blog

5 Cara Merawat Tas Kulit Supaya Tidak Mengelupas

10 Rekomendasi Nama Modern Bermakna Pembawa Rezeki Untuk Bayi Laki Laki.

Cara Cek Resi TIKI Tercepat