Tips Masak Agar Hasil Makanan Maksimal Dan Terjaga Kualitasnya

Tips Memasak Agar Makanan Terjaga Kualitasnya, Baca Selengkapnya Disini!

Sumber: Kompas.com

Sekilas memasak tampak mudah, namun sebenarnya butuh trik agar hasil makanan maksimal. Memasak memang tampak sangat sederhana dan siapapun bisa melakukannya dengan mudah. Namun, faktanya untuk menghasilkan makanan yang kelezatannya sempurna dibutuhkan beberapa trik dan pengetahuan untuk bisa mengolah makanan secara tepat. 

Hal wajar memang jika setiap orang melakukan kesalahan saat memasak. Nah, bagi kamu yang baru ingin belajar memasak atau bahkan yang sudah berpengalaman sekalipun, coba perhatikan kembali cara memasak yang biasanya dilakukan. 

Mungkin saja, pada saat kamu memasak tanpa disadari terdapat beberapa kesalahan yang dilakukan. Parahnya lagi, beberapa kesalahan memasak justru bisa menyebabkan kerusakan kualitas bahan makanan. 

Dibawah ini ada 8 tips memasak agar hasil makanan maksimal tanpa merusak kualitasnya :

  1. Hindari Menambahkan Garam Terlalu Banyak

Sumber: Halodoc

Terlalu banyak menambahkan garam pada sebuah makanan tidak akan baik untuk kesehatan tubuh. Kamu akan lebih banyak minum saat menyantap makanan yang terlalu asin. Karena itu, taburkan garam secukupnya pada bahan makanan yang dimasak. Pastikan jumlahnya tidak berlebihan dan sudah cukup.


  1. Mengayak Tepung

Sumber: My-best.id

Mengayak tepung akan membantu memisahkan partikel – partikel tepung, sehingga membuat partikelnya menjadi halus. Jika tepung tidak diayak akan menghasilkan adonan yang menggumpal. Hal itu dapat merusak rasa makanan saat masuk ke mulut. 


  1. Menggunakan Air Secukupnya Saat Memasak Nasi

Sumber: Sajian Sedap

Pastikan kamu menggunakan air yang cukup saat memasak nasi. Artinya, air tidak terlalu banyak atau sedikit. Kamu bisa gunakan perbandingan yang tepat antara jumlah beras dan air. Terlalu banyak menggunakan air akan membuat beras menjadi sangat lembek, terkecuali ingin membuat bubur. Perbandingan beras dan air sebesar 1 : 2 untuk memasak nasi bisa menjadi patokan. 


  1. Mengaduk Dengan Baik 

Sumber: Kumparan.com

Jika tidak mengaduk makanan dengan baik, maka makanan tersebut akan matang tidak merata. Mengaduk menjadi kunci untuk bisa menghasilkan makanan dengan tingkat kematangan dan rasa yang merata. 

Selain itu, tidak mengaduk makanan dengan baik juga akan membuat bagian bawah makanan menjadi gosong. Makanan dibagian atasnya juga akan menjadi kekurangan panas sehingga lebih lama matang. 


  1. Hindari Memasak Sayuran Terlalu Lama

Sumber: Sahabat Nestle


Sayuran yang terlalu matang karena dimasak terlalu lama akan kehilangan sebagian kandungan vitaminnya. Selain itu, sayuran yang terlalu masak juga akan menjadi lebih lembek dan kering. Ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya yaitu dengan merendam sayuran didalam air es, kemudian menghangatkannya kembali secara perlahan. 


  1. Menggunakan Pemanis Alami

Sumber: Okezone

Gula memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh. Menambahkan terlalu banyak gula pada makanan manis akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Jika kamu menyukai hidangan manis, cobalah ganti gula yang biasa digunakan dengan pemanis alami. Seperti buah – buahan manis, madu, atau pemanis alami lainnya. 


  1. Pilih Bahan Makanan Yang Mengandung Lemak Sehat

Sumber: Lifestyle Kompas

Memilih bahan makanan rendah lemak tidak sepenuhnya menyehatkan. Terdapat beberapa bahan makanan yang mengandung lemak sehat secara alami yang justru baik untuk kesehatan. Lemak sehat menjadi sumber energi yang penting bagi tubuh. Lemak sehat membantu tubuh dalam menyerap vitamin. Beberapa bahan makanan yang mengandung lemak sehat antara lain alpukat, minyak zaitun, kacang, dan ikan. 


  1. Tidak Sering Membuka Oven

Sumber: Kompas.com

Seringkali saat memasak, kamu akan membuka oven untuk memeriksa makanan yang dibuat. Apakah kematangannya sudah pas, apakah warnanya sudah tepat, atau alasan lainnya. Perlu dicatat bahwa membuka oven untuk memeriksa makanan saat masih dalam proses memasak bisa mempengaruhi hasil makanan. Hidangan akan menjadi kurang matang karena suhu berubah sangat cepat.

Baca juga: 7 Tips Memasak Pare Agar Tidak Pahit, Sangat Mudah Dilakukan

Comments

Popular posts from this blog

5 Cara Merawat Tas Kulit Supaya Tidak Mengelupas

10 Rekomendasi Nama Modern Bermakna Pembawa Rezeki Untuk Bayi Laki Laki.

Cara Cek Resi TIKI Tercepat