7 Tips Memasak Pare Agar Tidak Pahit, Sangat Mudah Dilakukan

Tips Memasak Pare Anti Pahit, Mudah Dilakukan di Rumah!


Sumber: Kompas.com

Pare merupakan salah satu jenis sayur yang cukup terkenal di Indonesia. Pare memiliki bentuk lonjong serta bergerigi, dan rasanya cenderung pahit. Meski demikian, sayur yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Seperti mampu melancarkan alat pencernaan, mengatasi diabetes, meningkatkan imun, dan masih banyak yang lainnya. 

Biasanya sayur ini dihidangkan sebagai sup maupun tumisan sebagai pendamping lauk dan nasi. Agar lebih nikmat saat disantap, pare sering dikombinasikan dengan bahan lainnya antara lain jagung, udang, cabai, dan lain sebagainya. 

Namun, biasanya rasa pahit pada sayur ini masih sangat terasa saat disantap, sehingga membuat beberapa orang enggan untuk mengonsumsi pare. Padahal, terdapat tips yang bisa dilakukan agar rasa pare tidak pahit. Berikut 7 tips memasak pare agar tidak pahit : 

  1. Pilih Pare Berkualitas Baik


Sumber: Kompas.com

Perlu diketahui, semakin besar ukuran pare maka rasanya akan semakin pahit pula. Karena itu, kamu bisa memilih pare berukuran kecil atau sedang. Kamu juga harus tahu kalau pare berwarna hijau tua biasanya memiliki rasa yang tidak terlalu pahit dibandingkan dengan pare berwarna hijau muda. 


  1. Balur Dan Remas Pare Dengan Garam


Sumber: Sajian Sedap

Untuk mengurangi rasa pahit pada pare, kamu bisa membelah pare menjadi dua lalu bersihkan sayur ini dari biji dan selaput putih yang menempel pada daging buahnya. Setelah itu, iris pare sesuai selera lalu baluri dengan garam. Kemudian remas – remas pare hingga layu lalu bilas dengan air untuk bisa dimasak. 


  1. Balur Dan Remas Pare Dengan Gula

Sumber: Detik Food

Selain menggunakan garam, tips menghilangkan rasa pahit para pare juga bisa dengan menggunakan gula putih. Caranya juga serupa dengan garam. Kamu bebas memilih bahan apapun  sesuai yang ada di rumah, garam maupun gula bisa kamu manfaatkan sebelum memask pare. 


  1. Rebus Pare Dengan Cuka, Garam, Dan Gula


Sumber: The Plant-Powered Dietitian

Tips lain yang mudah dilakukan untuk mengurangi rasa pahit pada pare adalah dengan cara merebusnya. Rebuslah potongan pare dengan 1 gelas cuka serta masing – masing 2 sendok makan garam dan gula. Rebus pare sebentar saja kurang lebih selama 2 menit, lalu tiriskan dan siap untuk dimasak sesuai selera. 


  1. Rebus Pare Dengan Daun Jambu Biji


Sumber: Sajian Sedap

Kamu juga bisa memanfaatkan daun jambu biji untuk menetralisir rasa pahit pada pare. Kamu bisa merebus pare bersama dengan beberapa lembar daun jambu biji kurang lebih selama 5 menit. Setelah itu angkat dan jangan lupa untuk membilas terlebih dahulu potongan pare sebelum dimasak. 


  1. Rebus Pare Dengan Tanah Liat


Sumber: Orami

Selain direbus dengan bahan – bahan yang sudah disebutkan diatas, kamu juga bisa memanfaatkan tanah liat. Kamu hanya perlu merebus potongan pare bersama tanah liat selama 3 menit saja. Tanah liat yang digunakan juga jangan terlalu banyak, secukupnya saja sudah sangat efektif bisa membantu menghilangkan rasa pahit pada pare. 


  1. Mencampurkan Pare Dengan Makanan Asin Atau Manis


Sumber: Selerasa.com

Tips lain agar pare tidak lagi memiliki rasa pahit yaitu dengan mencampurkannya bersama makanan asin maupun manis saat dimasak. Contohnya, saat ingin mengolah pare menjadi tumisan, maka kamu bisa tambahkan berbagai bahan seperti ikan dan kecap asin, atau kamu juga bisa kombinasikan pare dengan jagung. Karena, jagung relatif memiliki rasa manis yang mampu menetralisir rasa pahit pada pare. 

Selain itu masih ada tips lain untuk mengurangi rasa pahit pada pare yaitu dengan memasaknya bersama telur orak – arik. Tambahkan juga bumbu – bumbu sesuai selera agar olahan pare menjadi lebih nikmat.

Comments

Popular posts from this blog

5 Cara Merawat Tas Kulit Supaya Tidak Mengelupas

10 Rekomendasi Nama Modern Bermakna Pembawa Rezeki Untuk Bayi Laki Laki.

Cara Cek Resi TIKI Tercepat