7 Cara Menghemat Data Internet Yang Cermat

7 Tips Cermat Untuk Menghemat Konsumsi Data Internet Anda

Sumber: Bangkapos.com

Cara menghemat data internet penting untuk diketahui. Apalagi jika rumah kamu tidak menggunakan WiFi sedangkan kebutuhan internet meningkat. 

Tidak bisa dipungkiri memang jika aktivitas Working From Home (WFH) juga akan membuat data internet banyak termakan dengan cepat. Namun cara menghemat data internet juga harus dilakukan dengan cermat. 

Selain WFH, keperluan anak untuk sekolah di rumah juga membutuhkan banyak data internet. Jangan sampai boros ya, dibawah ini ada cara menghemat data internet yang cermat.

  1. Membatasi Update Aplikasi 


Sumber: XDA Developers

Cara menghemat data internet yang pertama adalah dengan membatasi update aplikasi. Kamu bisa menghemat data internet dengan membatasi update aplikasi hanya saat terhubung dengan WiFi saja. 

Tanpa kamu sadari, adakalanya aplikasi membutuhkan pembaruan dan ternyata secara otomatis akan menggunakan data internet yang kamu miliki. Jadi, cobalah untuk mengubah update dengan setting-an WiFi only.    


  1. Membatasi Pemakaian Data Background 


Sumber: Ting Blog

Tahukah kamu jika ternyata pemakaian data background juga merupakan penyebab data internet boros? Hal itu juga terkadang tidak kamu sadari. Salah satu cara menghemat data internet selajutnya adalah dengan membatasi pemakaian data di background di menu settings.

 

  1. Identifikasi Aplikasi


Sumber: GadgetSquad.id

Cara menghemat data internet selanjutnya adalah dengan melakukan identifikasi pada aplikasi yang menyedot banyak data. Dengan demikian, kamu jadi bisa mengetahui aplikasi apa saja yang sering digunakan dan menyedot banyak data internet. 

Untuk menghemat data internet, silahkan uninstall aplikasi yang menyedot banyak data internet saat tidak menggunakan WiFi. 


  1. Jangan Terlalu Sering Streaming


Sumber: GadgetSquad.id

Perlu diketahui, streaming musik maupun video merupakan aktivitas yang paling banyak menyedot data internet. Apalagi jika kamu juga sering mencari foto dengan kualitas terbaik. 

Cobalah untuk tidak melakukan aktivitas tersebut saat kamu hanya menggunakan mobile data atau data internet. Jadi solusi terbaik adalah dengan download video, lagu, maupun foto saat terhubung pada WiFi saja. 

Atau jika kamu tetap ingin melakukan streaming dengan data internet, cobalah turunkan kualitas stream menjadi tingkat yang rendah untuk menghemat data internet. 


  1. Hindari Download Media Otomatis

Sumber: Lifewire

Dalam aplikasi perpesanan, kamu mungkin sering mendapat kiriman media, entah berupa gambar maupun video. Kamu bisa ubah setting download media otomatis menjadi no media. Dengan melakukan setting ini, data internet kamu tidak akan terpakai sia – sia untuk download media secara otomatis. 

Kamu bisa memilih media mana yang perlu di-download. Selain menghemat data internet, setting ini juga dapat menghemat penggunaan memori. 


  1. Hindari Pemakaian Versi Desktop


Sumber: TechAdvisor.com

Saat sedang menjelajahi internet dengan memanfaatkan mobile web browser, cobalah tetap berada dalam mode tersebut. Karena situs yang dibuat khusus untuk gawai mampu mengoptimasi layar yang lebih kecil dengan sangat baik. Mode tersebut tidak akan terhambat oleh file yang besar, video yang buffering, maupun fitur yang tak kompatibel. 

Beralih dari versi mobile web browser ke desktop bisa membuat kamu mengeluarkan data internet tambahan. Meskipun disisi lain kamu sudah tidak asing lagi dengan penggunaan versi desktop, namun sebaiknya menghindarinya saat menggunakan mobile data. 


  1. Set Peringatan Pemakaian Yang Berlebihan


Sumber: Ponsel Pintar

Gawai yang kamu miliki memiliki layanan untuk membuat kamu bisa menghemat data internet. Ini bisa menjadi salah satu cara menghemat data internet yang sangat efektif. Untuk menggunakan fitur tersebut kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah yaitu Settings, Network & Internet, Data Usage, Mobile Data Usage, dan Tap Set Data Warning On. 

Setelah itu, kamu akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan saat data internet sudah hampir mencapai batas yang sudah ditentukan.

Comments

Popular posts from this blog

5 Cara Merawat Tas Kulit Supaya Tidak Mengelupas

10 Rekomendasi Nama Modern Bermakna Pembawa Rezeki Untuk Bayi Laki Laki.

Cara Cek Resi TIKI Tercepat