Ingin Tahu Cara Mudah Mengurus STNK yang Hilang? Yuk Kita Kepoin

Sebagai pengguna kendaraan yang taat pada peraturan, tentu saja kita wajib membawa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Hal itu bukan tanpa alasan, karena STNK menjadi dokumen resmi bukti kepemilikian kendaran yang sah. 

cara mudah mengurus stnk hilang


STNK itu sendiri biasanya berisi identitas kepemilikan nomor polisi, nama pemilik, alamat pemilik, identitas kendaraan bermotor, merk, tipe, tahun pembuatan, tahun perakitan, isi silinder, nomor rangka, nomor mesin, nomor BPKB, warna TNKB, dan lain sebagainya. 

Lantas, bagaimanakah cara mengurus STNK hilang? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai cara mengurus STNK yang hilang, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

Cara Mengurus STNK yang Hilang

1. Segera Membuat Laporan Kehilangan di Kantor Polisi

Apabila kamu telah kehilangan STNK, segera lapor ke kantor polisi terdekat untuk membuat surat kehilangan STNK. Setibanya disana, nanti kamu akan dibuatkan surat keterangan kehilangan. 

Ketika hendak membuat STNK yang baru, maka surat keterangan kehilangan tersebut harus kamu bawa untuk menggantikan STNK yang hilang. 

2. Menyiapkan Berbagai Berkas Untuk Memenuhi Syarat Administratif

Menurut informasi yang di dapat, kita harus mempersiapkan berbagai berkas atau dokumen untuk memenuhi syarat administratif. Adapun mengenai berbagai berkas yang harus kamu persiapkan seperti berikut :

KTP pemilik kendaraan (asli dan fotokopi)

Fotokopi STNK yang hilang

Surat keterangan kehilangan STNK dari kepolisian

BPKB (asli dan fotokopi).

3. Mendatangi Kantor SAMSAT

Setelah proses persyaratan dan administratif selesai, maka kamu tinggal membawanya ke kantor SAMSAT. Sebab kantor SAMSAT merupakan tempat penerbitan dan pengesahan STNK yang melalui tiga instansi, yakni Polri, Dinas Pendapatan Provinsi, dan PT Jasa Raharja. 

Berikut beberapa prosedur yang harus kamu jalani di SAMSAT :

Melakukan Cek Fisik Kendaraan 

Prosedur yang pertama ini menjadi langkah awal di kantor SAMSAT untuk mengecek fisik kendaraan, sekaligus gesek nomor rangka serta mesin. Setelah prosesnya selesai, maka hasil cek fisiknya akan keluar dan di fotokopi. 

Mengisi Formulir Pendaftaran

Kemudian akan dilanjutkan pada proses pengisian formulir pendaftaran dengan lenkap dan benar. Setelah selesai di isi, bawalah formulir tersebut ke bagian Loket STNK hilang. Selain itu, jangan lupa juga untuk menyertakan berkas kelengkapan administrasi yang telah kamu persiapkan. 

Mengurus Cek Blokir di SAMSAT

Maksud dari mengurus cek blokir ini adalah untuk mengurus surat keterangan kehilangan STNK dari SAMSAT, yang isinya terdiri dari keterangan keabsahan STNK terkait. Contohnya, tidak dalam kondisi di blokir atau dalam pencarian. Oleh karena ini, maka kamu harus melampirkan hasil cek fisik kendaraan. 

Setelah proses pengurusan cek blokir selesai, kamu pun sudah bisa mengurus STNK yang baru dengan diikuti pengurusan pembuatan STNK baru di bagian Loket BNN II, membayar Pajak Kendaraan Bermotor, membayar biaya pembuatan STNK baru, dan mengambil STNK serta SKPD.  

Lalu, Berapakah Biaya yang Harus Dikeluarkan Dalam Mengurus STNK Hilang?

Pada dasarnya, biaya pengurusan STNK yang hilang akan berdasarkan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2010, yakni untuk kendaraan roda dua akan dikenai biaya sebesar Rp 50 ribu, sedangkan untuk kendaraan roda empat akan dikenai biaya sebesar Rp 75 ribu. 

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara mengurus STNK yang hilang, sehingga kamu tidak akan kebingungan lagi saat hendak membuat STNK yang baru. 


Comments

Popular posts from this blog

10 Rekomendasi Nama Modern Bermakna Pembawa Rezeki Untuk Bayi Laki Laki.

8 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut Supaya Lebih Sehat dan Berkilau

Ucapan Selamat Tidur Buat Pacar Yang Jauh Atau LDR