Tanpa Bantuan Racun, Ini 7 Cara Alami Mengusir Tikus Dari Rumah

Kamu yang gemar bersih – bersih dan kerapihan tentunya terganggu jika ada tikus di rumah. Melakukan cara untuk mengusir tikus di rumah tidaklah semudah teorinya. 

Selain merusak barang – barang terutama makanan, tikus juga kotor dan jorok sehingga seringkali membuat rumah menjadi kotor. Tak heran jika kamu melakukan cara apapun untuk mengusirnya dari rumah. Bagi kamu yang sering memanfaatkan racun tikus untuk menjebak hewan yang satu ini, dan dirumah sudah memiliki anak. Mungkin ada kekhawatiran jika si kecil akan menyentuh racun tikus tersebut.  

cara alami mengusir tikus dari rumah

Nah, untuk menjawab keresahanmu, berikut dibawah ini akan diperkenalkan beberapa upaya yang bisa kamu lakukan untuk mengusir tikus dari rumah dengan cara alami tanpa bantuan racun. 

Memanfaatkan Kulit Buah Durian

Durian tidak hanya daging buahnya saja yang enak, namun ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk mengusir tikus dari rumah. Caranya adalah bisa dengan menggunakan bagian kulit durian. 

Potong – potong kulit durian kemudian letakkan di sudut – sudut yang sering didatangi si tikus. Aroma buah durian yang menyengat dipercaya ampuh mengusir tikus yang datang. Apalagi kulitnya yang tajam dijamin membuat si tikus ketakutan. 

Memanfaatkan Cabai Yang Dicampur Deterjen

Cara mengusir tikus selanjutnya adalah kamu bisa memanfaatkan saus atau bubuk cabai, kemudian dicampurkan dengan deterjen yang sudah larut dengan air. Masukkan cairan tersebut kedalam sebuah botol semprotan. Kamu bisa langsung menyemprotkannya ke arah tikus saat muncul. 

Kenapa ya cara ini bisa digunakan untuk mengusir tikus? Karena ternyata tikus bisa kepanasan saat disemprotkan cairan tersebut. 

Memanfaatkan Daun Mint

Kamu juga bisa memanfaatkan daun mint untuk mengusir tikus dari rumah. Tikus tidak tahan dengan aroma daun mint yang menyengat. Jadi, saat mencium aromanya, hewan pengerat tersebut akan mabuk dan menjadi lemas. 

Cukup siapkan satu ikat daun mint, kemudian ambil sarinya saat dilarutkan dalam air. Setelah itu, semprotkan cairan mint tersebut ke tempat – tempat yang sering dilewati tikus. 

Memanfaatkan Bawang

Bawang juga memiliki aroma yang menyengat dan dianggap menjijikan oleh tikus. Jadi, bawang juga efektif untuk dijadikan cara alami mengusir tikus dari rumah. Kamu hanya perlu mengiris – iris bawang, kemudian meletakkannya di tempat – tempat yang disukai oleh tikus. Contohnya, letakkan bawang di depan lubang tikus atau tempat – tempat rawan dimana hewan tersebut akan bersarang. 

Memanfaatkan Lada

Aroma lada tidak hanya ampuh membuat hidung manusia menjadi gatal saja, namun juga efektif sebagai cara mengusir tikus dari rumah. Kamu hanya perlu menaburkan sedikit lada saja di sekitar lubang – lubang tikus, lalu lihat bagaimana hasilnya. 

Baik lada hitam maupun lada putih tidak ada bedanya, jadi kamu bisa mencoba keduanya. 

Memanfaatkan Kulit Telur

Saat kamu sudah selesai dan memiliki sisa kulit telur yang tidak terpakai di dapur, sebaiknya jangan langsung dibuang. Sebab, kulit telur tersebut bisa kamu manfaatkan untuk mengusir tikus dari rumah. 

Caranya mudah, haluskan kulit telur kemudian taburkan bubuknya pada tempat yang sering dilalui oleh tikus. 

Memanfaatkan Sisa Rambut

Meski nampak tidak masuk akal, namun cara mengusir tikus dengan memanfaatkan sisa rambut ini patut dicoba. Jika kamu memiliki sisa rambut setelah selesai gunting rambut atau ada rambut yang rontok saat menyisir, coba kumpulkan. 

Setelah cukup banyak, gabungkan rambut – rambut tersebut kemudian letakkan di tempat – tempat tikus melintas. Kabarnya, tikus akan tertarik melihat rambut manusia yang berserakan, lalu mencoba memakannya. Rambut – rambut tersebut dipercaya bisa membunuh tikus saat ia menelannya. Cara mengusir tikus yang satu ini layak dipertimbangkan. 



Comments

Popular posts from this blog

10 Rekomendasi Nama Modern Bermakna Pembawa Rezeki Untuk Bayi Laki Laki.

8 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut Supaya Lebih Sehat dan Berkilau

Ucapan Selamat Tidur Buat Pacar Yang Jauh Atau LDR