Begini Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Terlalu Bau

Orang Indonesia mana sih yang tidak kenal dengan jengkol? Tentu saja kita semua sudah tidak asing lagi dengan makanan yang memiliki aroma khas ini. Namun, tidak semua orang menyukai jengkol. Ya, alasan mereka tidak menyukai jengkol karena baunya yang tidak sedap. 

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar tips masakan mengenai cara memasak jengkol agar tidak terlalu bau. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

tips memasak jengkol agar tidak bau


1. Pastikan Mengupasnya Sampai Benar-benar Bersih

Salah satu trik yang dapat kamu lakukan agar jengkol tidak bau saat dimasak, yakni pastikan mengupasnya sampai benar-benar bersih. Hal itu bukan tanpa alasan, karena pengupasan kulitnya yang kurang bersih akan membuat jengkol terasa pahit dan bau. 

2. Rebus Bersamaan Daun Salam

Ini dia salah satu yang paling umum dilakukan untuk mengusir bau saat memasak jengkol. Dengan merebusnya bersama daun salam tidak hanya menghilangkan baunya saja, bahkan bisa mengurangi rasa pahit dari jengkolnya lho. 

3. Rebus Dengan Daun Jeruk Purut

Selain menggunakan daun salam, kamu juga bisa merebus jengkol bersamaan dengan daun jeruk purut. Dalam hal ini, kamu hanya perlu menyiapkan beberapa lembar daun jeruk purut untuk direbus bersamaan dengan jengkolnya. 

4. Merebus Jengkol Dengan Daun Jambu Biji

Ketika kamu selesai merebus jengkol dengan jambu biji, maka air rebusannya harus dibuang. Ya, hal ini bertujuan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan bau menyengat pada jengkol tersebut. Sebelum diberi bahan bumbu lainnya, sebaiknya jengkolnya dipindahkan terlebih dahulu. Mengapa  demikian? Pasalnya, hal itu bertujuan agar bumbunya bisa meresap dengan cepat ke dalam jengkol. 

5. Jangan Memasak Jengkol Terlalu Lama

Masih banyak yang beranggapan bahwa semakin lama memasaknya, maka bau jengkolnya akan semakin berkurang. Padahal, anggapan tersebut sama sekali tidak benar. Justru, jengkol yang dimasak terlalu lama itu akan membuatnya menjadi semakin bau dan terasa pahit lho!

Menurut kabar yang beredar, durasi waktu yang ideal dalam memasak jengkol itu sekitar 20 sampai 30 menit saja. Namun, durasi memasak tersebut akan tergantung pada ukuran serta usia jengkol itu sendiri. Saat memasak jengkol, sebaiknya kamu menggunakan api yang kecil agar aroma baunya tidak terlalu menyengat dan lebih empuk. 

6. Merendam Jengkol Kedalam Air Es

Tak banyak orang yang tahu bahwa air es dapat menghilangkan bau jengkol. Nah, agar baunya ini benar-benar hilang secara total, kamu bisa merendam jengkolnya kedalam air es selama semalaman. Selain menggunakan air es, kamu juga bisa merendam jengkol kedalam air kapur sirih atau susu. 

Manfaat Mengonsumsi Jengkol

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa jengkol kerap dipandang sebelah mata karena memiliki aroma yang tidak sedap. Namun tahukah kamu? ternyata mengonsumsi jengkol dapat memberikan berbagai dampak yang bagus untuk kesehatan tubuh lho. 

Berdasarkan dari hasil penelitian, menyebutkan bahwa jengkol memiliki beberapa jenis kandungan senyawa aktif yang dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh seperti berikut:

Mampu mencegah penyakit diabetes

Dapat mengurangi berbagai masalah peradangan

Dapat mencegah penyakit anemia

Memelihara kesehatan tulang dan gigi

Mengatasi masalah penyempitan pembuluh darah

Mengatasi masalah gangguan lambung

Mencegah berbagai jenis penyakit kronis lainnya. 

Nah, itulah beberapa manfaat kesehatan yang akan kamu dapatkan dari mengonsumsi jengkol. 


Comments

Popular posts from this blog

5 Cara Merawat Tas Kulit Supaya Tidak Mengelupas

10 Rekomendasi Nama Modern Bermakna Pembawa Rezeki Untuk Bayi Laki Laki.

Cara Cek Resi TIKI Tercepat