7 Cara Efektif Menghafal Asmaul Husna Dengan Mudah

7 Cara Efektif Menghafal Asmaul Husna Dengan Mudah


Asma’ul Husna sebenarnya mempunyai keutamaan-keutamaan tersendiri. Terdapat banyak keistimewaan atau manfaat yang ada di dalam asmaul husna dan artinya. Mulai dari membukakan pintu rejeki, untuk memohon ampunan dari Allah SWT, meningkatkan kinerja otak dan sebagainya.


Asmaul husna ini sendiri merupakan 99 macam nama-nama Allah SWT yang indah dan mulia. Dari bermacam-macam asmaul husna tersebut yang bisa menunjukkan sisi kebesaran Allah SWT.


Sesuai namanya, maka asmaul husna disusun dari kata asma yang memiliki arti nama lalu ada husna yang berarti baik atau indah. Kita mungkin sering mendengar Asma’ul Husna ini di dalam doa-doa. 


Kalau Anda ingin lebih mudah menghafal nama-nama yang ada di asmaul husna, maka berikut ini beberapa cara yang bisa coba dilakukan:


Membaca asmaul husna 

Ada salah satu metode atau cara yang cocok untuk diterapkan jika ingin menghafal nama-nama asmaul husna yaitu membaca. Tentunya dengan membaca, menjadi cara umum untuk menghafal suatu informasi termasuk asmaul husna.


Cukup dengan melakukan pengulangan saja di sela-sela waktu senggang untuk membaca nama-nama mulia asmaul husna tersebut.. 


Mendengar asmaul husna

Ada lagi metode lain yang bisa diterapkan untuk menghafal asmaul husna dengan baik yaitu dengan mendengar. Sekarang ini tentu kita bisa lebih mudah mendapatkan audio asmaul husna tersebut atau bisa juga ikut dengan pertemuan tertentu yang sering melantunkan asmaul husna.


Metode mendengarkan asmaul husna bisa dilakukan lewat smartphone juga bisa dan bisa dilakukan berulang tiap harinya. Sehingga semakin efektif untuk menghafal nama asmaul husna tersebut. 


Melantunkan asmaul husna dengan nada

Ada lagi cara lain yaitu menggunakan metode nada untuk proses menghafal yang lebih mudah, dan menyenangkan. Cara ini sendiri bisa membuat kita lebih mudah mengingat asmaul husna. 


Tetapi harus disesuaikan juga nada dan lirik agar penghafalan bisa semakin mudah. Dari dulu sebenarnya sudah sering ada lantunan asmaul husna pada jama’ah-jama’ah sholat dan lain sebagainya. Kurang lebih hal satu ini sama dengan lantunan nada adzan, membaca Al-Qur’an dan lainnya. 


Setoran bacaan asmaul husna

Menerapkan metode setoran tentu sangat efektif untuk menghafal. Tak hanya asmaul husna, tetapi juga surat-surat di Al-Qur’an juga bbisa dihafal dengan metode satu ini.


Setoran hafalan asmaul husna sangat efektif diterapkan terutama antara guru dengan murid. Jika kita lihat di sekolah-sekolah tentu hal seperti ini yang umum bisa sering kita temukan karena memang merupakan salah satu cara yang tepat untuk proses menghafal. 


Menulis kata-kata asmaul husna

Ada lagi metode lainnya yaitu menulis asmaul husna. Bagi beberapa orang mungkin ada yang lebih bisa mudah menguasai hafalan dengan cara menulis. Dengan metode ini, maka bisa mempermudah seseorang menelaah bacaan agar semakin mudah menghafal nama asmaul husna dengan baik. 


Lakukan secara perlahan dan bertahap

Segala sesuatunya tidak bisa didapat secara instan, jadi lakukan hapalan asmaul husna secara bertahap. Misal mengenalkan satu atau dua asma Allah terlebih dahulu per hari termasuk juga memahami arti asmaul husna tersebut apa. 


Hal ini penting agar tidak terbebani dan lebih mudah paham setiap nama asmaul husna tersebut. Ingatan pun akan terjaga kuat dan otak lebih sehat.


Buat catatan kecil tentang asmaul husna

Kalian bisa menulis memakai catatan kecil, lalu pakai metode yang paling cocok untuk anda. Misal memakai warna-warna, lalu tempatkan di kamar, atau bisa juga di lokasi tertentu yang mudah terbaca.




Comments

Popular posts from this blog

5 Cara Merawat Tas Kulit Supaya Tidak Mengelupas

10 Rekomendasi Nama Modern Bermakna Pembawa Rezeki Untuk Bayi Laki Laki.

Cara Cek Resi TIKI Tercepat