Tips Merebus Daun Singkong Agar Tetap Hijau. Hanya Dalam Hitungan Menit!

Daun singkong merupaka daun yang kaya akan serat yang biasanya diolah sebagai makanan pendamping ataupun makanan utama. Daun singkong ini biasanya direbus untuk dijadikan makanan pendamping dan umumnya dipakai di restoran padang. 

Setelah direbus biasanya dau singkong ini akan berwarna gelap yang berbeda dengan warna sebelumnya. Untuk mempertahankan warna hijaunya dibutuhkan bahan tertentu agar rebusan daun singkong tetap berwarna hijau. Mari simak tips nya dibawah ini!

Tips Merebus Daun Singkong 

Pilih daun singkong muda 

tips merebus daun singkong

Umumnya untuk daun singkong yang akan direbus banyak digunakan daun rebus yang masih muda. Karena daun singkong yang masih mudah akan memberikan hasil rebusan yang enak dan lebih gurih ketika dimakan. 

Usahakan menggunakan daun singkong yang muda dibandingkan yang tua karena akan mempengaruhi tekstur dan rasa rebusan daun setelah selesi direbus. 

Bersihkan daun singkong 

Setelah selesai memilih daun singkong yang muda maka langkah selanjutnya adalah membersihkan daun tersebut dengan menggunakan air mengalir. Jangan direbus jika belum dibersihkan dengan benar. 

Usahakan bersihkan dengan benar jangan sampai ada kotoran yang tertinggal. Karena jika masih ada kotoran yang tertinggal akan direbus bersama dengan daun singkong dan hal tersebut tentunya akan berbahaya. 

Rebus dengan air mendidih 

tips merebus daun singkong

Setelah selesai dibersihkan maka langkah selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah merebus daun singkong kedalam air mendidih. Jangan masukkan jika air belum terlalu mendidih karena air yang belum mendidih akan memperlambat proses pematangan dari daun singkong yang direbus tadi.

Dengan air rebus yang sudah mendidih akan membuat daun singkong menjadi mudah ketika dimasak dan membuatnya cepat layu sehingga proses perebusan daun singkong ini hanya memakan waktu sebentar saja. 

Kombinasikan dengan daun singkong tua 


Jika kamu tidak menemukan banyak daun singkong yang masih muda maka kamu bisa juga mengkombinasikannya dengan daun singkong yang sudah tua. Tentunya dengan perbandingan ukuran daun singkong muda yang lebih banyak dibandingkan yang sudah tua. 

Hal ini dilakukan agar daun singkong tersebut masih tetap gurih dan enak ketika dimakan karena masih tercampur dengan daun singkong muda yang sebelumnya.  

Tambahkan baking powder 



Penambahan baking powder kedalam rebusan daun singkong ini berguna untuk mempertahankan warna hijau pada daun singkong yang direbus. Baking powder akan memperkuat pigmen warna hijau yang terdapat dalam daun singkong. 

Penambahan daun singkong ini tidak akan mempercepat waktu memasakmu namun bisa mempertahankan warna hijau pada daun singkongmu sehingga warnanya tetap bertahan dan enak untuk dikonsumsi. 

Jangan tutup panci 

Tips yang harus kamu ingat ketika sedang merebus daun singkong adalah jangan menutup panci dengan penutupnya. Dengan tidak menutup panci berguna untuk mendapatkan hasil rebusan dengan warna yang cantik. 

Dengan membuka penutup panci juga dapat menghalangi daun singkongmu berubah warna menjadi hitam karena asam yang tidak bisa keluar saat panci ditutup. 

Gunakan panci presto 

Sebaiknya ketika kamu sedang merebus daun singkong kamu harus menggunakan panci presto dengan kualitas yang bagus. Dengan merebus menggunakan panci ini maka hasil rebusan akan didapart dalam waktu 5 menit saja dan menghindari rebusan daun singkong yang hancur. 

tips merebus daun singkong

Dengan merebus menggunakan panci ini maka rebusan daun singkong menjadi tidak hancur ketika diperas sesudah matang. 

Baca Juga : Resep Daun Singkong Yang Murah



Comments

Popular posts from this blog

10 Rekomendasi Nama Modern Bermakna Pembawa Rezeki Untuk Bayi Laki Laki.

8 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut Supaya Lebih Sehat dan Berkilau

Ucapan Selamat Tidur Buat Pacar Yang Jauh Atau LDR