Cari Tahu Cara Merawat Laptop Yang Disarankan Oleh Merk Acer

Cari Tahu Cara Merawat Laptop Yang Disarankan Oleh Merk Acer


Siapa yang tak mengenal merk Acer? Setelah berhasil meluncurkan beragam gadget khususnya laptop, maka tak ada salahnya jika kita mengutip tips-tips menarik dari Acer yang bisa anda terapkan dalam merawat laptop kesayangan anda berikut ini dari laman www.acerid.com:

1. Selalu Istirahatkan dengan Shutdown

Berbeda dengan desktop PC, laptop wajib dimatikan saat tidak digunakan agar dapat mencegah laptop cepat panas, begitu juga dapat memberikan waktu istirahat untuk perangkat kesayangan anda.

2. Perhatikan Ketika Mengemas Laptop

Jangan sekali-kali anda membawa laptop dengan keadaan standby, hal ini dapat merusak hard-disk. Tak hanya itu, ketika dimasukkan ke dalam tasnya juga jangan tutup restleting secara penuh. Jika ditutup rapat dapat meminimkan sirkulasi udara. Lalu juga jangan berlebihan dalam membawa barang bawaan di tas. Karena beban yang terlalu berat bisa menekan layar dan mengakibatkan kerusakan.

3. Update BIOS

Sama halnya dengan program aplikasi dan driver hardware, BIOS ternyata juga membutuhkan pembaharuan supaya memastikan anda telah memiliki versi yang paling baru. Umumnya, update dari BIOS dapat meningkatkan performa laptop sehingga kompatibilitas di antara hardware juga software tetap terjaga. Agar bisa melakukannya, anda cukup mengunjungi website pabrikan laptop demi mendapatkan pembaharuan BIOS. Namun jika khawatir gagal, anda dapat menemui teknisi ahli komputer untuk melakukannya.

4. Hapus Bloatware

Bloatware merupakan sebuah software promosi yang telah dibundel oleh merek laptop. Maka dari itu, sesudah membeli laptop baru, cobalah untuk menghapus Bloatware dengan cara masuk ke Control Panel, lalu pilih Programs and Features, kemudian uninstall semua perangkat lunak yang mencurigakan atau tidak lagi dibutuhkan dari daftar program. Dengan cara ini, aplikasi tambahan tadi tidak memakan ruang memori RAM dan tidak lagi membebani kinerja laptop.

5. Instal Aplikasi Antivirus

Pada era serangan cyber yang juga masuk ke ancaman malware, spyware, atau ransomware, anda wajib mempunyai perangkat lunak keamanan kuat yang dipasang di sistem laptop. Menginstal software antivirus sangat dibutuhkan karena dapat mempunyai fitur keamanan tambahan secara real time.


6. Bijak Dalam Memilih Software atau Aplikasi

Jangan asal menginstal software atau aplikasi jika berasal dari situs-situs yang tidak tahu asal usulnya. Walaupun gratis, software tertentu bisa saja disusupi virus. Bila virus telah masuk ke laptop dapat merusak sistem yang bekerja dalam perangkat laptop.

7. Rutin Memperbarui Sistem Operasi atau Aplikasi

Update memang dianggap membuang kuota dan menambah penyimpanan, kenyataannya dengan rutin update menjadi salah satu bentuk maintenance untuk laptop dengan tujuan supaya bisa memperbaiki bug atau celah. Hal ini mendukung optimalisasi kinerja laptop, dan jika dilakukan secara berkala dapat memungkinkan anda menikmati fitur-fitur baru dari developer juga memperkecil kerusakan pada sistem operasi.

8. Lepaskan Peripheral atau Aksesoris Laptop

Wajib cabur aksesori yang terpasang ke laptop saat tidak digunakan walau sejenak, contohnya cabut cas ketika baterai sudah 100%. Nyatanya hal ini sangat penting untuk melepas peripheral apapun ketika akan memasukkan laptop ke dalam tas, agar laptop begitu juga peripheral tidak cepat rusak.

9. Rutin Membersihkan Laptop

Paling tidak 3 minggu sekali wajib anda memeriksa juga membersihkan komponen keras yang ada pada laptop. Perlu diketahui bahwa debu adalah salah satu biang masalah untuk laptop. Jika tidak dibersihkan, debu-debu yang menumpuk di sela-sela ventilasi, mainboard, ataupun kipas laptop bisa menyebabkan laptop cepat panas (overheating). Anda dapat membersihkannya sendiri dengan kain halus serta cotton bud untuk meraih sudut-sudut sempit laptop, seperti kipas pendingin.

Sekian saran-saran cara untuk merawat laptop yang dituturkan oleh pihak Acer, sangat baik untuk diterapkan terutama bagi para pengguna merk Acer tentunya.


Comments

Popular posts from this blog

10 Rekomendasi Nama Modern Bermakna Pembawa Rezeki Untuk Bayi Laki Laki.

5 Cara Merawat Tas Kulit Supaya Tidak Mengelupas

8 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut Supaya Lebih Sehat dan Berkilau