5 Cara Merawat Bahan Denim Agar Awet

5 Cara Merawat Bahan Denim Agar Awet


Memiliki berbagai pakaian dengan bahan denim pasti pernah dialami oleh sebagian besar orang. Sayangnya sering kali bahan tersebut kurang awet karena cara perawatan yang kurang tepat. Oleh sebab itu diperlukan cara merawat bahan denim agar awet dan tahan lama. Sehingga pakaian dapat digunakan bertahun-tahun lamanya tanpa mengalami kerusakan yang berarti. Untuk yang ingin mengetahui hal tersebut, berikut ini beberapa cara merawat bahan denim agar awet.

Hindari Mencuci Terlalu Sering

Salah satu kunci supaya bahan denim selalu awet dan tidak mudah rusak atau pudar warnanya yaitu dengan jalan menghindari pencucian yang terlalu sering. Oleh karena itu bagi yang memiliki jenis bahan denim semacam jaket atau celana, sebaiknya jenis pakaian ini dapat digunakan beberapa kali sebelum dicuci. Kecuali jika memang pakaian denim terkena noda yang cukup parah atau terkena kotoran yang cukup mengganggu, maka mencucinya tentu tidak dapat dihindari. Hal ini karena mencuci terlalu sering mengakibatkan bahan denim cepat kusam serta makin menipis. Maka dari itu sebisa mungkin gunakan seperlunya serta cuci seperlunya juga.

Jangan Menggunakan Bahan Kimia

Hati-hatilah saat membersihkan pakaian dengan bahan denim tersebut. Sebaiknya hindari menggunakan bahan kimia yang dapat merusak material denim tersebut. Misalnya menggunakan cairan pemutih atau menggunakan cairan pembersih kotoran yang cukup keras. Hal ini bisa mempermudah terjadinya kerusakan pada permukaan material denim pada pakaian. Sebaiknya jika terkena noda pada salah satu bagian pakaian denim kalian, bisa gunakan sabun mandi yang umum untuk menghilangkan noda tersebut. Dengan demikian resiko terpapar bahan kimia dapat dihindari lebih baik.

Sebisa Mungkin Cuci Secara Manual

Cara merawat bahan denim agar awet berikutnya yaitu dengan mengupayakan pencucian denim secara manual. Sebisa mungkin sempatkan untuk mencuci menggunakan tangan dan hindari terus menerus mencuci memakai mesin cuci. Karena beberapa tipe mesin cuci bisa jadi mempercepat kerusakan pada permukaan material denim. Maka dari itu hindari melakukan hal ini terus menerus. Mencuci dengan tangan membantu agar bahan denim lebih awet serta tidak mudah rusak.

Keringkan Secara Alami

Pada saat mengeringkan denim yang telah selesai dicuci, sebaiknya lakukan proses pengeringan secara alami. Cukup menjemur di bawah sinar matahari dalam durasi yang sesuai hingga bahan denim kering sepenuhnya. Sebisa mungkin hindari mengeringkan bahan yang satu ini menggunakan mesin pengering. Karena mesin pengering umumnya justru membuat bahan denim mudah kusut dan akhirnya tidak nyaman lagi saat digunakan. 

BACA JUGA : Murah dan Stylish! Ini 9 Rekomendasi Brand Lokal Baju Wanita

Hati-Hati Saat Menyetrika

Terakhir sebaiknya hati-hatilah saat menyetrikan pakaian denim yang dimiliki. Beberapa jenis denim memiliki model yang sedikit robek seperti yang sedang banyak trending akhir-akhir ini. Maka dari itu jangan sampai ujung setrika menyangkut pada bagian tersebut dan menimbulkan kerusakan. Selain itu perhatikan juga panas yang dihasilkan oleh setrika saat digunakan. Jangan sampai terlalu panas sehingga akhirnya dapat merusak permukaan bahan denim yang dimiliki. Dengan berhati-hati melakukan proses ini, pastinya bahan denim jauh lebih awet serta tidak mudah rusak.

Itulah tadi beberapa cara merawat bahan denim agar awet. Dengan melakukan perawatan yang tepat, maka tentunya bahan denim tersebut dapat bertahan lama. Termasuk warna tidak memudar serta tidak ada bagian yang sobek. Sehingga tentunya kalian dapat bebas menggunakan pakaian dengan bahan tersebut untuk berbagai macam acara kapan saja.


Comments

Popular posts from this blog

10 Rekomendasi Nama Modern Bermakna Pembawa Rezeki Untuk Bayi Laki Laki.

5 Cara Merawat Tas Kulit Supaya Tidak Mengelupas

8 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut Supaya Lebih Sehat dan Berkilau