Tips Solo Traveling untuk Pemula

Tips Solo Traveling untuk Pemula


Ingin tahu apa saja tips solo traveling? Solo traveling memang bisa dilakukan oleh siapa pun. Berlibur sendirian dianggap lebih hemat serta lebih memberikan pengalaman yang memuaskan. Namun tentunya ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan dan pertimbangkan. 

Memang tidak ada destinasi yang tidak dapat kamu jelajahi dengan solo traveling. Namun di sini kami akan membagikan beberapa tips penting yang perlu kamu perhatikan. Dengan begitu, perjalananmu bisa lancar dan kamu akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan.

Tips Solo Traveling Bagi Pemula

  1. Mempersiapkan Itinerary

Tips solo traveling yang pertama yaitu kamu harus mempersiapkan itinerary. Berlibur sendirian memang cenderung lebih praktis. Kamu juga tidak memiliki tanggungan untuk menjaga, membiayai, atau menunggu orang lain untuk siap berangkat. Meskipun begitu, melakukan solo traveling juga bukan berarti mengurangi persiapanmu.

Kamu perlu mencatat kira-kira mana saja tempat yang ingin kamu kunjungi. Ingat, jangan memiliki pikiran “lihat saja ketika sudah berada di sana”. Kamu harus memiliki persiapan matang. Tujuannya untuk membuat liburanmu nyaman serta aman baik ketika berangkat maupun pulang. Apalagi di sini kamu pergi berlibur sendirian yang mana kamu harus bisa menjaga dirimu sendiri.

  1. Riset Mengenai Destinasi

Setelah mempersiapkan itinerary, selanjutnya kamu perlu melakukan riset kecil-kecilan mengenai tempat yang akan kamu kunjungi. Di sini kamu bukan hanya mengecek alamat, lokasi, harga tiket, maupun jam buka. Riset yang kamu lakukan adalah seputar seperti apa medan jalan menuju tempat tersebut.

Untuk melakukan riset, kamu bisa melihat ulasan yang diberikan oleh orang-orang yang sudah berlibur ke sana. Di sini kamu bisa mendapatkan informasi mengenai apa saja hal baik dan buruk yang dimiliki oleh destinasi tersebut. Jadi, kamu bisa mengetahui apakah memang tempat tersebut bisa kamu kunjungi dengan solo traveling atau tidak.

  1. Lakukan Pemesanan Secara Online

Jika tempat tujuanmu mengharuskan untuk melakukan pemesanan tiket, kamu sebisa mungkin harus memesannya secara online. Mengapa? Agar ketika kamu sudah sampai ke lokasi tujuan, kamu sudah dalam kondisi membawa tiket. Dengan begitu kamu tidak perlu lagi antre untuk mendapatkan tiket.

Tips ini juga berlaku untuk pemesanan hotel, sewa kendaraan, dan beberapa hal lainnya yang memang kamu butuhkan selama berlibur ke tempa tersebut. Memang terkesan sederhana, namun ini membuat liburanmu menjadi lebih nyaman dan tidak harus membuang banyak waktu untuk melakukan pemesanan tiket, sewa kendaraan, maupun reservasi hotel.

  1. Packing yang Efisien

Tips solo traveling yang keempat adalah pastikan kamu membawa barang-barang secukupnya. Memang kamu harus mempersiapkan segalanya sebaik mungkin. Namun bukan berarti kamu harus membawa banyak barang yang malah membuat perjalananmu terganggu. 

Kamu harus memperhitungkan kira-kira apa saja barang yang kamu butuhkan selama berada di tempat tersebut. Jangan membawa barang-barang yang malah tidak kamu butuhkan. Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan kondisi cuaca karena ini juga berpengaruh terhadap barang yang kamu bawa.

Baca Juga : kampung sabin

  1. Jangan Membawa Uang Tunai Terlalu Banyak

Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua tempat yang menjadi tujuanmu menerima pembayaran dalam bentuk non-tunai. Jadi kamu harus menyiapkan uang tunai secukupnya. Hanya untuk berjaga-jaga ketika memang kamu diminta membayar biaya secara tunai. Kamu bisa memperhitungkan berapa banyak uang cash yang harus kamu siapkan.

Itulah beberapa tips solo traveling untuk pemula. Semoga informasi ini dapat membantu membuat liburanmu menjadi lebih nyaman dan aman.


Comments

Popular posts from this blog

5 Cara Merawat Tas Kulit Supaya Tidak Mengelupas

10 Rekomendasi Nama Modern Bermakna Pembawa Rezeki Untuk Bayi Laki Laki.

Cara Cek Resi TIKI Tercepat