Mengenal Berbagai Macam Jajanan Khas Betawi

Betawi merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia. Betawi memiliki ragam macam kuliner yang populer bahkan hingga ke seluruh dunia. Selain makanan khas betawi yang berat, ada juga berbagai jajanan atau kudapan khas Betawi yang lezat dan populer. Berikut ini akan dibahas beberapa jajanan Betawi tersebut.

Asinan Betawi

Umumnya Asinan Betawi merupakan campuran sawi, tauge, kol, selada dan tahu putih. Lalu ditaburi kacang goreng. Dari semua campuran Asinan Betawi tersebut lalu disiram memakai bumbu kacang kuah dan dicampur cabai, cuka dan juga kerupuk mie kuning berukuran besar. Selain Asinan Betawi enak dan juga segar, jajanan khas betawi tersebut juga termasuk makanan sehat karena memakai banyak sayur-sayuran.

mengenal berbagai jajanan khas betawi

Dodol Betawi

Jajanan lainnya dari Betawi yaitu dodol yang memiliki cita rasa lezat. Untuk membuat camilan betawi ini yaitu dengan metode tradisional memakai kuali besar sehingga sangatlah unik. Kuali bernama Kenceng berukuran 50 cm untuk diameternya dan bisa mencapai 1 meter. Kudapan Dodol Betawi tersebut dibuat dari bahan kelapa dan juga ketan sehingga menjadikanya kenyal dan cukup lengket. 

mengenal berbagai jajanan khas betawi

Putu Mayang

Ada pun kue yang bernama Putu mayang, jadi Putu Mayang merupakan kue tradisional dari Betawi yang pembuatannya memakai tepung beras atau tepung kanji. Umumnya Putu Mayang berbentuk layaknya mie, dengan memakai santan kelapa, dan disajikan bersamaan gula jawa yang cair. Umumnya tepung beras diberikan warna-warni supaya Putu Mayang ini bisa menarik pembeli.

mengenal berbagai jajanan khas betawi

Roti Buaya

Untuk roti buaya ini, memiliki peran yang penting untuk acara pernikahan adat khas Betawi. Kuliner Roti Buaya khas Betawi tersebut memiliki panjang kurang lebih 50 cm dan dibawa mempelai laki-laki saat acara pernikahan untuk diberikan ke pengantin wanita. Roti buaya memiliki makna bagi warga di Betawi, yaitu ungkapan kesetiaan para pasangan menikah dan dipercaya secara turun-temurun.

mengenal berbagai jajanan khas betawi

Roti Gambang

Selain Roti Buaya, ada juga kuliner jajanan roti khas betawi lain yaitu Roti Gambang. Roti tradisional ini memiliki bahan dasar gula merah dan tepung terigu. Gula merah tersebut yang bisa menyebabkan roti satu ini berwarna coklat tanpa butuh pewarna sintetis. Kuliner satu ini cocok disajikan untuk sebagai cemilan keluarga karena rasa yang lezat dan manis. 

mengenal berbagai jajanan khas betawi
Kue Cucur

Selanjutnya ada kue cucur yaitu kue tradisional Betawi yang mudah dijumpai terutama di pasar maupun pada beberapa toko kue. Jajanan Kue Cucur ini dapat ditemui juga di tempat-tempat upacara pernikahan, acara potong rambut anak bayi dan acara lainnya. Rasa kue cucur tersebut manis dengan teksturnya yang lembut pada bagian tengahnya. Meski bagian tengah lembut, bagian pinggir Kue Cucur renyah. Kue Cucur dengan bahan dasar beras serta gula merah tersebut dimasak dengan digoreng. 

mengenal berbagai jajanan khas betawi


Kue Rangi

Selain Kue Cucur, ada juga Kue Rangi yaitu kue tradisional juga khas Betawi yang bisa sering dijumpai pada berbagai tempat terutama di Jakarta. Kue Rangi ini merupakan campuran dari kelapa parut serta tepung sagu. Kue Rangi disajikan dengan gula merah sebagai sausnya yang kental dengan memakai campuran sagu.

mengenal berbagai jajanan khas betawi

Kue Talam

Ada pun kue talam yang cukup mudah ditemukan. Kue Talam dibuat dengan memakai bahan baku beberapa tepung seperti tapioka, beras, terigu atau juga sagu. Itulah beberapa kudapan atau jajanan yang berasal dari Betawi. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk anda semua yang ingin tahu kudapan apa saja dari Betawi. 

mengenal berbagai jajanan khas betawi



Comments

Popular posts from this blog

Ucapan Selamat Tidur Buat Pacar Yang Jauh Atau LDR

10 Rekomendasi Nama Modern Bermakna Pembawa Rezeki Untuk Bayi Laki Laki.

7 Tips Ini Harus Dikembangkan Calon Orang Tua Baru Atau Pemula