resep sayur asem betawi

Bagi masyarakat asli betawi, pasti selalu makan sayur asem betawi. Karena makanan ini asli dari daerah betawi, maka orang yang tinggal di daerah Jakarta pasti sudah terbiasa untuk masak sayur asem betawi. Untuk rasa sayur asem setiap daerah berbeda-beda, dan isiannya juga berbeda. Misalnya saja di daerah jawa timur, untuk sayur asemnya hanya seperti sayur bening pada umunya. Isiannya juga berbeda dengan yang asli betawi, yaitu ada terong hijau keci, toge besar, dan juga menggunakan tomat. Sayur asem sendiri mempunyai sejarah sendiri. 


Pada zaman dahulu ada banyak sayuran dan orang dahulu belum tahu ingin memasak apa. Akhirnya dari sayuran yang ada dimasukkan semua menjadi satu, dan diberikan bumbu. Asal kata sayur asem berarti sayuran campuran yang memiliki rasa manis, asem, dan juga asin. Jadi isian sayur asem tidak harus sama setiap kali membuatnya. Pada resep masakan rumahan, sayur asem dibuat dengan cara lama yaitu menggunakan bumbu dasar asem jawa dan bawang merah. Agar rasanya lebih enak dan juga lezat.

Cara Memasak Sayur Asem

Beberapa orang masih ada yang belum bisa masak sayur asem, apalagi dengan bumbu yang masih dihaluskan. Biasanya mereka masak sayur asem menggunakan bumbu yang sudah jadi, dan dijual di warung. Padahal rasanya kurang segar dan tidak seperti sayur asem yang asli yang biasa dimasak rumahan. Resep masakan rumahan sayur asem betawi hanya membutuhkan beberapa bahan utama saja, diantaranya :

Kacang panjang

Daun melinjo

Jagung manis

Terong hijau kecil

Bumbu yang diperlukan :

Bawang merah

Asem jawa

Garam 

Penyedap lain

Cara memasak :

Panaskan air dalam panci. Masak hingga air matang.

Potong menjadi kecil kacang panjang. Potong juga jagung dan juga terong hijaunya.

Cuci bersih kacang panjang, jagung dan juga terong. Untuk daun melinjo juga di cuci dan ambil biji melinjo yang masih utuh.

Haluskan bumbu bawang merah dan asam jawa. Bisa diulek atau ditumbuk.

Masukkan jagung yang sudah bersih ke dalam panci. Masak hingga warna jagung menjadi kuning terang atau mateng.

Masukkan daun melinjo dan biji melinjo. Masukkan juga terong kecil.

Kemudian masukkan kacang panjang dan tunggu hingga empuk. 

Tambahkan penyedap lain dan juga garam.

Sayur asam siap dihidangkan.

Agar makan sayur asam betawi lebih berselera, jangan lupa makan bersama lauk tempe goreng, ikan asin dan juga sambal terasi. Untuk membuat tempe goreng dan ikan asin serta sambal, mari simak resep masakan rumahan berikut ini :

Langkah membuat tempe goreng :

Potonglah tempe menjadi beberapa bagian. Lalu rendam tempe dengan air garam. Setelah itu goreng tempe dengan minyak panas, dan dengan api kecil agar tempe matang sempurna.

Langkah membuat ikan asin : 

Ikan asin yang sudah disiapkan, dicuci bersih dan dikeringkan sebentar. Lalu masukkan sedikit minyak ke penggorengan. Masaj ikan asin sampai matang, dan angkatlah.

Langkah membuat sambal.

Siapkan cabai, bawang merah, tomat, garam, micin. Haluskan semua bumbu sampai merata.

Itulah resep masakan rumahan sayur asem betawi yang sangat lezat. Sangat cocok jika dimakan saat siang hari. Menambah selera makan ditambah sambal yang pedas. Jangan lupa cuci tangan dahulu sebelum makan, agar kuman tidak menempel ditangan. Bisa tambahkan kerupuk sebagai lauk tambahan.


Comments

Popular posts from this blog

Makanan Khas Makassar Yang Wajib Dijadikan Oleh-Oleh

7 Tips Ini Harus Dikembangkan Calon Orang Tua Baru Atau Pemula

Cara Mendidik Anak Perempuan dalam Islam, Agar Kelak Menjadi Wanita Solehah