diet sehat : diet aman minim resiko dari segi kesehatan

Banyak orang beranggapan bahwa diet adalah diet yang mengurangi jumlah dan variasi makanan. Padahal, kekurangan gizi adalah dua poin ini. Lihat metode nutrisi paling sehat untuk membantu Anda menurunkan berat badan. 

Cara Makan yang Benar 

Makan sehat tidak sesederhana kelihatannya. Strategi yang salah bisa menjadi kontraproduktif. Oleh karena itu, nutrisi yang tepat membutuhkan panduan yang tepat untuk menurunkan berat badan. Berikut ini adalah saran. 


\ 1. Menghitung kebutuhan kalori 

Sebelum menyiapkan makanan, cara terbaik untuk memulai diet sehat adalah dengan menentukan kebutuhan kalori Anda. Menurut berbagai faktor seperti usia dan kesehatan, setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda. 

Misalnya, orang yang kelebihan berat badan dan orang sehat yang ingin menurunkan berat badan memiliki kebutuhan kalori yang berbeda. 

Dengan mendapatkan jumlah kalori yang tepat dari makanan dan minuman, tubuh mendapatkan energi yang dibutuhkan, sehingga tubuh berfungsi secara normal, mulai dari berpikir, mengambil darah, hingga bernafas. 

Oleh karena itu, sebelum Anda mulai merancang diet untuk menjaga berat badan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan berapa banyak kalori yang dibutuhkan tubuh Anda untuk berfungsi dengan baik. 

2. Mengatur porsi makan

Diet tidak berarti bahwa Anda harus menghindari makan berbagai makanan.Pasalnya, tubuh masih membutuhkan makanan yang beragam, hanya perlu mengatur jumlah makanan dengan baik. 

Idealnya, bagi piring Anda menjadi 4 bagian, termasuk: 

 • seperempat sumber daging atau protein, 

 • seperempat karbohidrat dan 

 • sisa sayuran hijau dan hidup. 

Pada dasarnya, Anda harus menyesuaikan ukuran makanan Anda dengan diet seimbang. Ingatlah untuk menghindari makanan berlemak atau tinggi gula saat makan malam untuk menghindari penambahan berat badan. 

 3. Rencana makan teratur 

Banyak orang percaya bahwa melewatkan makan akan menyebabkan penurunan berat badan yang cepat. Faktanya, ini tidak terjadi. Setiap makan penting untuk menjaga pola makan yang sehat. 

Melewatkan makan dapat menyebabkan rasa lapar yang cepat, menurunkan kadar gula darah dan stres. Jika Anda menghendaki kurangi ukuran porsi, Anda dapat membagi 3 kali makan besar jadi 6 kali makan kecil selama hari.  Hal utama adalah menghindari makanan yang kaya lemak dan kalori. Selain itu, menjauhkan membiarkan sarapan bersama makanan yang kaya protein dan serat supaya tubuh selalu kenyang sebelum makan siang.  

 4. Makan perlahan 

Makan perlahan sebenarnya adalah bagian dari diet yang aman dan sehat. Cara ini terkadang bisa membuat Anda merasa lebih cepat kenyang. 

Di awal Harvard Health Center, para ahli melaporkan bahwa rasa kenyang adalah bagian dari kepuasan setelah makan. Faktor rasa kenyang ini juga diaktifkan oleh otak, karena otak juga membutuhkan banyak sinyal dari hormon pencernaan yang dikeluarkan oleh saluran pencernaan. Di sisi lain, makan terlalu cepat tidak akan memberi tubuh cukup waktu untuk mengirimkan sinyal hormonal ini.Alhasil, Anda bisa terus makan karena perut belum kenyang. 

 5. Makan sampai lapar 

Jika Anda ingin berhasil dalam program penurunan berat badan, cobalah makan sampai Anda lapar. 

Tips makan sehat ini dirancang untuk mencegah kelebihan energi disimpan dalam tubuh dalam bentuk lemak. Ini menambah berat badan. Karena itu, ketika isyarat fisik ini muncul, dengarkan perasaan lapar dan makanan Anda. Jika ragu, makan lebih banyak porsi untuk sarapan, lalu kurangi porsinya secara bertahap hingga makan malam. Ini mungkin sulit pada awalnya, tetapi jika dapat disesuaikan dari waktu ke waktu, metode penurunan berat badan ini akan lebih aman.



Comments

Popular posts from this blog

Makanan Khas Makassar Yang Wajib Dijadikan Oleh-Oleh

7 Tips Ini Harus Dikembangkan Calon Orang Tua Baru Atau Pemula

Cara Mendidik Anak Perempuan dalam Islam, Agar Kelak Menjadi Wanita Solehah