contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan sopan. ada aturannya !

Semua orang pasti memiliki impian bisa bekerja di sebuah perusahaan besar impiannya. Beberapa orang memang telah berhasil meraih mimpinya bekerja di tempat idaman, namun tidak sedikit juga yang terpaksa harus membelok dari apa yang telah direncanakan. 


Bekerja di perusahaan idaman ataupun tidak, terkadang ada saatnya kamu merasa jenuh lalu ingin mencoba pekerjaan dan tantangan baru di perusahaan lain. Jika saat ini kamu sedang merasakan hal yang sama, maka kamu membutuhkan surat pengunduran diri kerja. Supaya pengunduran diri kamu diterima baik oleh perusahaan, ada beberapa aturan yang harus dipahami tentang surat resign. 

Berikut dibawah ini unsur unsur yang harus diperhatikan untuk membuat surat pengunduran diri kerja yang baik dan sopan :

Tujuan Yang Logis

Terangkan alasanmu mengundurkan diri dari sebuah perusahaan dengan singkat, padat, dan jelas. Kamu tidak perlu menjelaskannya secara panjang.

Pilih Kata Yang Sopan

Rangkailah kata kata supaya terdengar sopan dan penuh hormat. Bukan karena kamu akan segera meninggalkan tempat kamu bekerja saat ini, lantas bisa bebas berbicara semau hati. Ingat, koneksi di dunia kerja sangat penting. Memiliki nama baik di sebuah perusahaan bisa dijadikan batu lompatan untuk karirmu di masa depan. 

Identitas Diri

Kamu wajib mencantumkan nama, alamat, dan jabatan dalam surat pengunduran diri kerja. Fungsinya sebagai data perusahaan serta informasi yang lebih mendetail. 

Ucapkan Rasa Terima Kasih

Jangan lupa sampaikan rasa terima kasihmu karena telah diberi kesempatan untuk bekerja pada perusahaan yang menaungimu selama ini. Dengan melakukan itu, kamu akan tampak lebih professional dan rendah hati, sehingga perusahaan pun merasa lebih segan. 

Ucapkan Juga Permohonan Maaf

Kamu juga harus ucapkan permohonan maaf jika selama bekerja masih ada beberapa tugas yang belum terselesaikan. Kamu juga bisa mencantumkan permohonan maaf jika selama bekerja pernah melakukan kesalahan baik secara sengaja atau tidak sengaja. 

Setelah mengetahui unsur unsur yang harus diperhatikan untuk membuat surat resign yang baik dan sopan, kini saatnya kamu mencari tahu contoh suratnya. Berikut dibawah ini contohnya :

Bandung, 30 Maret 2021

Kepada 

Yth. Pimpinan

PT. Untung Selalu

Bandung


Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Andini Putri

Alamat : Jl. Sejahtera No 10 A

Jabatan : Customer Service 

Nomor ID : 67894321

Dengan adanya surat ini, saya bertujuan untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan di perusahaan Bapak/Ibu terhitung pada tanggal 5 April 2021 karena kontrak yang sudah berakhir.

Sebelumnya saya mengucapkan banyak rasa terima kasih sebesar besarnya karena Bapak/Ibu sudah memberikan kesempatan bagi saya untuk belajar dan bekerja dengan professional. Saya juga mengucapkan terima kasih atas bimbingan yang selama ini telah diberikan baik secara langsung ataupun tidak langsung. Tidak lupa, saya juga ingin mengucapkan rasa terima kasih pada rekan rekan kerja yang sudah berjuang bersama dalam mencapai target perusahaan. 

Saya memohon maaf sebesar besarnya karena tidak lagi menjadi bagian dalam perusahaan Bapak/Ibu. Saya juga mohon maaf bila selama ini saya melakukan kesalahan secara sengaja atau tidak sengaja. Semoga perusahaan Bapak/Ibu pimpin dapat semakin berkembang lagi. 

Demikian surat pengunduran diri kerja ini saya buat dengan penuh kesadaran serta atas keinginan sendiri dan tanpa ada paksaan dari siapa pun. 

Hormat Saya,


(Andini Putri)



Comments

Popular posts from this blog

Makanan Khas Makassar Yang Wajib Dijadikan Oleh-Oleh

7 Tips Ini Harus Dikembangkan Calon Orang Tua Baru Atau Pemula

Cara Mendidik Anak Perempuan dalam Islam, Agar Kelak Menjadi Wanita Solehah