11 Bacaan Doa Harian dan Artinya untuk diajarkan Kepada Anak


Bacaan-Doa-Harian-dan-Artinya

caranya.net - Tidak ada agama yang paling sempurna seperti Islam di dunia ini, karena dalam Islam bukan hanya mengurus tentang ibadah ritual saja, namun semua aspek kehidupan ini diatur oleh Islam, termasuk dalam mengurus anak. Karena bagaimanapun anak adalah amanat dari Allah Subhana wa Ta’ala yang harus dijaga, dirawat, dan dididik. Terutama dididik agama. Salah satu cara mendidik agama pada anak adalah mengajarkan doa-doa harian kepadanya. 

Oleh karena itu,  dalam artikel kali ini akan memberikan doa-doa harian yang dikutip dari media ibu dan anak sebagai berikut :

1. Doa Sebelum Makan

“Allahumma barik lanaa fiima razaqtanaa waqinaa ‘adzaa bannar.”
Artinya : “Ya Allah, berkahilah untukku dalam sesuatu yang Engkau rezekikan kepadaku, dan peliharalah aku dari siksa api neraka.” (HR. Ibnu Sunni) 

2. Doa Sesudah Makan

“Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimin.”
Artinya : “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk golongan orang Muslim.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi). 

3. Doa Sebelum Belajar

“Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyawa warasulla, robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.”
Artinya : “Kami ridho Allah sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.”

4. Doa Sesudah Belajar

“Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘indaa haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin.”
Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya, wahai Tuhan pemelihara alam.”

5. Doa Ketika Berpakaian

“Bismillaahi, Allahumma innii as-aluka min khoirihi wa khoiri maa huwa lahuu wa’a’uu dzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu.”
Artinya : “Dengan nama-Mu ya Allah aku minta kepada Engkau kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa yang ada padanya, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang ada padanya.”

6. Doa Melepas Pakaian

“Bismilaahil ladzii laa ilaaha illaa huwa”
Artinya : “Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain-Nya.”

Baca Juga : Bacaan Doa Qunut Panjang dan Pendek Beserta Artinya

7. Doa Ketika Memakai Pakaian Baru

“Alhamdu lillaahil ladzii kasaanii haadzaa wa rozaqqoniihi min ghoiri hawlim minni wa laa quwwatin.”
Artinya : “Segala puji bagi Allah yang memberi aku pakaian ini dan memberi rizki dengan tiada upaya dan kekuatan dariku.”

8. Doa Ketika Bercermin

“Alhamdulillaahi kamaa hasanta kholqii fahassin khuluqii.”
Artinya : “Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku.”

9. Doa Masuk Masjid

“Allahummaf-tahlii abwaaba rahmatika.”
Artinya : “Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu.”

10. Doa Keluar Masjid

“Allahumma innii as-aluka min fadhlika.”
Artinya : “ Ya Allah, aku memohon kepadamu, karunia dari-Mu.”

11. Doa Berjalan Ke Masjid

“Alloohummaj-‘al fii qolbhii nuuroon wa fii lisanii nuuroon wa fii bashorii nuuroon wa fii sam ‘ii nuuroon wa ‘an yamiinii nuuroon wa’an yasaarii nuuroon wa fauqii nuuroo wa tahtii nuuroo wa amaamii nuuroon wa kholfii nuuroon waj-‘al lii nuuroon.”
Artinya : “Ya Allah, semoga Engkau berkenan menisi hatiku, lisanku, pandanganku, pendengaranku, arah dari sisi kananku, arah dari sisi kiriku, arah dari sisi atasku, arah dari sisi bawahku, arah dari sisi depanku, arah dari sisi belakangku adalah cahaya hidayah-Mu, dan semoga Engkau berkenan melindungiku dengan cahaya hidayah-Mu pula.”

Nah, Bacaan doa harian dan artinya yang cocok untuk diajarkan kepada anak ini memang wajib diajarkan kepada anak dirumah, agar selalu menanamkan nilai agama di segala aktifitasnya.


Comments

Popular posts from this blog

Makanan Khas Makassar Yang Wajib Dijadikan Oleh-Oleh

7 Tips Ini Harus Dikembangkan Calon Orang Tua Baru Atau Pemula

Cara Mendidik Anak Perempuan dalam Islam, Agar Kelak Menjadi Wanita Solehah