5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam membuat Surat Lamaran Kerja SPG

membuat-surat-lamaran-kerja


Caranya.net -
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membuat surat lamaran kerja SPG tentu diperlukan oleh Anda yang ingin melamar untuk bekerja sebagai SPG di sebuah perusahaan. Berbagai contoh surat lamaran kerja SPG sudah banyak tersedia di internet dan media massa lainnya seperti koran. 

Untuk membantu Anda dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, berikut ini adalah beberapa ulasan hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja SPG.

1. Gunakan Bahasa yang Komunikatif serta Sesuai dengan Kaidah Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Penggunaan bahasa dalam penulisan surat lamaran kerja tentu menjadi hal yang sangat penting. kalimat yang digunakan dalam surat dapat menjadi penilaian awal pihak perusahaan terhadap Anda.

Untuk itu, akan lebih baik jika Anda terlebih dahulu membuat rancangan atau contoh lebih dahulu. Rancangan atau contoh tersebut berguna untuk meminimalisir kesalahan tulis pada surat lamaran kerja asli yang nantinya akan dikirim ke perusahaan.

Gunakanlah gaya bahasa yang komunikatif namun sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang benar. Gaya tulisan seperti itu dapat membuat surat lamaran Anda menarik dan mudah dipahami saat dibaca.

2. Gunakan Kata-Kata yang Sopan pada Surat Lamaran Kerja

Kesantunan dalam bersurat juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Sebelum membuat surat lamaran kerja, sebaiknya Anda terlebih dahulu mencari tau siapa pimpinan yang menerima surat Anda. Hal tersebut dilakukan agar tujuan surat lebih jelas. 

Namun jika Anda belum mengetahui siapa pimpinan yang menjadi tujuan dari surat lamaran, hanya mencantumkan jabatan dari pimpinan tersebut pun tidak masalah. Jangan gunakan kata atau menyatakan sesuatu yang dapat menyinggung perasaan dari pimpinan perusahaan dalam surat Anda.

3. Tulislah Menggunakan Kalimat yang Jelas atau Tidak Ambigu

Saat membuat contoh surat lamaran kerja SPG, pastikan jika Anda menggunakan bahasa yang jelas sehingga saat menulis surat yang asli tidak terjadi kesalahan. Dalam menyampaikan maksud dalam surat lamaran, ada baiknya jika Anda membuat kalimat yang tidak ambigu atau bermakna ganda.

Penggunaan kalimat kiasan bisa jadi menjadi kalimat bermakna ganda yang nantinya membingungkan pihak penerima surat lamaran. Ada baiknya jika Anda menggunakan bahasa yang jelas yakni bahasa formal dan sampaikan tujuan secara langsung, tanpa berbelit-belit.

Baca Juga : Tips Magang untuk Kamu Mahasiswa Tingkat Akhir

4. Tulislah Surat Lamaran Secara Terstruktur 

Saat membuat surat lamaran, Anda dapat menyusun bagian-bagian surat sesuai dengan struktur surat lamaran kerja yang baik dan benar. Surat lamaran kerja yang ditulis secara teratur akan lebih mudah dimengerti ketika dibaca.

Struktur surat lamaran kerja terdiri dari tempat tanggal penulisan surat, nama dan tempat dari tujuan surat Anda, dan kemudian awali dengan salam pembuka.

Setelah salam pembuka, Anda bisa menyebutkan data diri seperti nama, tempat tanggal lahir, nomor telepon, alamat dan pendidikan. Kemudian sampaikan maksud dari surat lamaran kerja Anda dan berikan rincian berkas yang Anda lampirkan bersama surat lamaran kerja tersebut.

Surat lamaran kerja kemudian diakhiri dengan ucapan terima kasih salam penutup dan tAnda tangan Anda sebagai pelamar kerja.

5. Lengkapi Struktur-Struktur Surat dengan Informasi Lengkap

Setelah menulis surat sesuai dengan struktur surat lamaran yang baik dan benar, Anda perlu memberikan informasi lengkap sesuai dengan struktur tersebut. 

Demikian informasi mengenai hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja SPG. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.


Comments

Popular posts from this blog

Makanan Khas Makassar Yang Wajib Dijadikan Oleh-Oleh

7 Tips Ini Harus Dikembangkan Calon Orang Tua Baru Atau Pemula

Apa Saja Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan? Cari Tau Selengkapnya Yuk!