Anda Seorang Desainer? Lakukan Tips WFH Ini Agar Bisa Bekerja Maksimal

tips-wfh-bagi-desainer
Ilustrasi Work from Home


caranya.net - Tips WFH bagi seorang desainer bisa jadi merupakan salah satu hal penting dalam kehidupannya. Bagaimana tidak, desainer membutuhkan inspirasi dan mood positif untuk bisa bekerja. Karena itulah, coba lakukan beberapa tips WFH sebagai berikut supaya dapat memaksimalkan pekerjaan. 


  1. Sesuaikan Termostat

Ada tolok ukur dan jenis cahaya tertentu yang lebih baik untuk bersantai atau berkonsentrasi. Tetapi yang juga banyak ditemukan peneliti adalah bahwa pengaturan yang konstan sepanjang hari tidak akan membuat lingkungan terbaik untuk konsentrasi.

Para peneliti menyarankan Anda meniru suasana di luar. Caranya adalah dengan mengekspos diri ke berbagai jenis cahaya. Cahaya yang lebih sejuk diyakini lebih baik, secara umum, untuk konsentrasi. Tetapi paparan cahaya yang sama bisa membuat tidak nyaman jika untuk sepanjang hari.

Hal yang sama berlaku untuk suhu, kebisingan, dan aliran udara. Variasikan semuanya untuk hasil terbaik. Ada penelitian yang sangat menarik menunjukkan bahwa lingkungan yang agak dingin dan agak hangat meningkatkan metabolisme manusia dan ini mengimbangi asupan energi berlebih.

Baca Juga: Tips Magang untuk Kamu Mahasiswa Tingkat Akhir


  1. Bertemu Secara Formal dan Informal dengan Teman Kerja 

Peran manajer individu tiba-tiba menjadi lebih penting daripada sebelumnya selama pandemi. Karena supervisi dan pengarahan penting untuk memaksimalkan pemahaman baik saat kerja maupun untuk memahami orang lain. Yakinkan, motivasi, dan buat tim Anda merasa aman. Jangan hanya mengirim email kepada orang lain. Sebaiknya bertemulah secara formal atau informal dengan teman kerja atau atasan. 

Gunakan teknologi seperti Skype, Slack dan Zoom, terutama saat masalah muncul. Menurut peneliti, ni akan meminimalkan salah tafsir dan mencegah rantai email yang membuang-buang waktu yang menghabiskan hari.

Komunikasi yang baik akan membuat tim desainer jadi lebih efektif. Sebuah studi di Journal of Organizational Behavior menemukan bahwa tim yang bertemu secara teratur untuk tanya jawab menghasilkan solusi yang lebih inovatif untuk masalah. Tunjuk seseorang untuk memimpin rapat, meninjau pekerjaan terbaru dan bertukar pikiran tentang cara-cara untuk meningkatkannya.

Menggunakan ruang virtual untuk bertemu sangat bagus, menurut Profesor Pamela Qualter, spesialis penelitian kesepian di Universitas Manchester. Tapi ada kemungkinan untuk menggunakannya hanya untuk rapat kerja, sehingga kebutuhan afeksi Anda bisa saja belum terpenuhi. 

Dia mengatakan bahwa banyak waktu yang kita habiskan untuk berinteraksi di tempat kerja sebenarnya bukan tentang pekerjaan. Jenis interaksi seperti itu kemungkinan besar akan menjadi apa yang dilewatkan WFH. Jadi, sebaiknya untuk bertemu dengan rekan kerja atau teman secara online untuk rehat kopi atau makan siang secara teratur, sehingga Anda tidak melewatkan jenis interaksi sosial itu. 


  1. Melakukan Streching di Tengah Waktu Istirahat dan Olahraga Ringan

Pada 2019, Journal of Human Sport And Exercise melaporkan program latihan 12 minggu yang dilakukan di penjara Yunani. Sejalan dengan semua bukti yang ada, ditemukan bahwa narapidana yang berpartisipasi dalam olahraga kualitas hidup yang lebih besar daripada mereka yang tidak ikut. Bahkan aktivitas dengan intensitas rendah dapat meningkatkan tingkat energi Anda. 

Sebagai desainer yang sering berkonsentrasi selama berjam-jam, lakukan stretching saat waktu istirahat kerja. Jangan tidur, tapi lakukan olahraga ringan. 

Sekarang karena Covid-19 membuat semua orang terkurung di rumah. Termasuk Anda juga sebaiknya melakukan hal yang sama. Karena selain manfaat kesehatan dan dosis serotonin yang teratur, berkeringat juga dapat meningkatkan kinerja Anda.

Para peneliti di University of Georgia menemukan bahwa bahkan olahraga dengan intensitas rendah dapat meningkatkan tingkat energi Anda, membuat Anda lebih mampu menghadapi daftar tugas Anda.


Itulah beberapa hal yang dilakukan sebagai bagian dari tips WFH bagi desainer yang bisa dilakukan selama Covid-19. Pastikan tetap semangat bekerja dan lakukan yang terbaik.

Comments

Popular posts from this blog

Makanan Khas Makassar Yang Wajib Dijadikan Oleh-Oleh

7 Tips Ini Harus Dikembangkan Calon Orang Tua Baru Atau Pemula

Apa Saja Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan? Cari Tau Selengkapnya Yuk!