Tips Magang untuk Kamu Mahasiswa Tingkat Akhir

tips-magang-mahasiswa-tingkat-akhir
source: bg.usembassy.gov


caranya.net - Hari ini kita akan membahas mengenai tips magang bagi mahasiswa tingkat akhir yang pastinya berguna banget untuk kamu ketahui. Magang merupakan suatu proses dalam menerapkan ilmu dan kompetensi yang telah didapatkan selama pendidikan, baik di dunia kerja maupun secara langsung. Sehingga pemagang bisa memahami sistem kerja dan keterampilan yang baik dan profesional di dunia industri sebenarnya.















Program magang ini tidak hanya dilakukan oleh siswa SMK, melainkan mahasiswa tingkat akhir juga melakukan magang. Tidak semua perguruan tinggi mewajibkan mahasiswanya untuk mengambil program magang. Berikut adalah ulasan tips magang yang bisa Kamu lakukan sebagai mahasiswa yang magang.


  1. Menentukan Tujuan Magang

Ketika hendak melakukan magang sebaiknya Kamu menentukan tempat magang sesuai dengan tujuan dan bidang studi yang ditempuh. Banyak dari mahasiswa yang kecewa karena ketika mereka magang tidak sesuai dengan ekspektasi atau harapan mereka.

Oleh karena itu, menentukan tujuan magang menjadi hal utama yang harus Kamu perhatikan sebelum menentukan tempat magang. Memilih perusahaan yang sesuai dengan tujuan magang. Tidak perlu tergesa-gesa memilih perusahaan yang Kamu inginkan.


  1. Berkonsultasi dengan Dosen Pembimbing ataupun Kakak Tingkat

Sebelum menentukan tempat magang yang sesuai, Kamu bisa berkonsultasi dengan dosen pembimbing. Ketika konsultasi dengan dosen pembimbing nanti akan mengarahkan Kamu ke perusahaan yang sesuai dengan bidang studi yang ditempuh. Dosen pembimbing akan memberikan saran yang relevan untuk tempat magang.

Selain itu, Kamu juga bisa mencari informasi mengenai tempat magang yang sesuai kepada kakak tingkat yang berpengalaman. Jadi jika Kamu malu untuk bertanya kepada dosen, Kamu juga bisa bertanya ke kakak tingkat yang berpengalaman di tempat magang yang akan dipilih sebagai tempat magang.


  1. Mengumpulkan Informasi Mengenai Perusahaan yang Diinginkan

Mencari informasi mengenai tempat magang menjadi satu hal yang penting. Karena, dengan mengetahui informasi mengenai perusahaan yang akan dijadikan tempat magang bisa membantu Kamu untuk menyesuaikan bidang studi yang ditempuh dengan posisi yang dilamar ketika magang.

Selain itu, dengan mengetahui seluk beluk perusahaan dapat bermanfaat untuk kenyamanan kerja Kamu. Dengan mengetahui informasi perusahaan juga memudahkan Kamu dalam proses wawancara kerja, karena tidak sedikit dari pihak HR yang menanyakan seputar perusahaan mereka kepada calon pemagang.


  1. Mempersiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Setelah menentukan tujuan magang dan perusahaan yang akan dijadikan tempat magang, sebaiknya Kamu mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan ketika akan melamar magang. Ketika mempersiapkan dokumen untuk melamar magang sebaiknya Kamu perhatikan dengan betul jangan sampai ada yang tertinggal.

Dokumen yang dibutuhkan ketika magang biasanya seperti Curriculum Vitae (CV), transkrip nilai dan portofolio. Dokumen seperti inilah yang banyak diperlukan oleh perusahaan yang menerima magang. Persiapkan dokumen dengan baik dan teliti dengan seksama agar perusahaan bisa melirik Kamu.


  1. Memperbaiki Media Sosial yang Dimiliki

Dengan media sosial yang tertata rapi, hal ini dapat memberikan image baik kepada perusahaan yang akan merekrut para pemagang. Tidak sedikit dari pelamar magang yang meletakkan portofolio mereka pada media sosial yang dimiliki. Sehingga manfaatkan dengan baik keberadaan media sosial yang Kamu miliki.

Namun untuk Kamu yang memiliki media sosial yang masih belum rapi, sebaiknya Kamu rapikan media sosial. Jika ada yang tidak bermanfaat bisa Kamu hapus atau menambahkan beberapa poin-poin yang bisa menambah nilai keterampilan Kamu.


Nah, itulah beberapa ulasan mengenai tips magang untuk kamu mahasiswa tingkat akhir. Yang terpenting saat melamar magang, utamakan attitude yang baik dan rendah hati. Semoga informasi ini bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Makanan Khas Makassar Yang Wajib Dijadikan Oleh-Oleh

7 Tips Ini Harus Dikembangkan Calon Orang Tua Baru Atau Pemula

Apa Saja Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan? Cari Tau Selengkapnya Yuk!