Beberapa Hal yang Harus Dihindari Ketika Magang Kerja

hal-yang-harus-dihindari-ketika-magang
Ilustrasi Magang

caranya.net - Magang atau dikenal sebagai internship merupakan penempatan kerja pada perusahaan maupun organisasi yang nantinya akan memberikan pengalaman kerja dan keahlian baru. Program magang ini dapat berguna untuk karir masa depan mahasiswa dan siswa pemagang.


Magang memiliki tujuan yaitu memberi kesempatan untuk mahasiswa dan siswa untuk menerapkan apa yang telah dipelajari di dunia kuliah dan sekolah ke dunia kerja sesungguhnya. Adapun beberapa hal yang harus dihindari ketika melakukan magang kerja ini antara lain sebagai berikut.


Hal yang Harus Dihindari Ketika Magang

  1. Pasif atau Tidak Punya Inisiatif

Hal pertama yang harus diterapkan oleh anak magang yaitu bisa menyesuaikan diri. walaupun awal masuk merasa canggung dengan pekerjaan dan orang yang ada di tempat kerja tersebut sebaiknya Kamu tetap bersikap aktif. Jika pasif, maka akan membuat para pengawas magang menganggap Kamu tidak berkompeten.


Waktu magang hanya sebentar, maka manfaatkan kesempatan untuk belajar dengan benar-benar dalam mencari pengalaman kerja selama masih muda dan berstatus mahasiswa.


  1. Meremehkan Tugas yang Ada

Walaupun Kamu hanya magang kerja, bukan berarti tidak memiliki kewajiban dan ikatan terhadap perusahaan, sehingga meremehkan pekerjaan yang diberikan oleh senior. Jika kamu memang benar menyukai posisi yang Kamu lamar, maka lakukan jobdesk  yang ada dengan semaksimal mungkin.


Begitu juga ketika Kamu diminta tolong untuk melakukan tugas di luar pekerjaan seperti beres-beres dokumen atau fotocopy berkas. Jangan pernah anggap sepele karena bisa jadi Kamu bisa sangat penting dalam meringankan kerja tim.


  1. Terlalu Banyak Pertanyaan

Bertanya itu memang tidak salah, namun jangan sampai terlalu banyak bertanya. Karena hal ini justru dapat mengganggu pekerjaan karyawan yang lainnya. Sebelum Kamu bertanya kepada senior, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu mengenai hal yang membuat Kamu bingung.


Karena jika banyak pertanyaan yang tidak penting, maka membuat kesan kurang peka terhadap tugas yang telah diberi.

 

  1. Tidak Disiplin

Disiplin kerja merupakan suatu hal yang pasti menjadi penilaian ketika menjadi anak magang. Oleh karena itu, sebaiknya Kamu konsisten dengan menuntaskan tugas demi tugas yang diberikan dengan tepat waktu. Selain itu, Kamu juga bisa memperhatikan jam kerja jangan sampai terlambat atau bolos ketika magang.


Manfaatkan waktu magang dengan sebaik mungkin, karena durasi magang tergolong singkat sekitar 1-3 bulan.


  1. Kurang Menjaga Tingkah Laku

Sebagai anak magang, sebaiknya Kamu tetap menjaga tingkah laku atau berperilaku baik dengan senior dan karyawan yang lain. Memperhatikan hal kecil seperti mengirim email dengan cara yang profesional. Ketika mengirim email hindari sikap yang menunjukkan tidak profesional, seperti terlalu santai dan bermain HP.


Ketika Kamu bermain HP ketika waktu kerja, hal ini memberikan kesan sikap yang tidak baik. Bisa jadi nilai magang yang diberikan oleh para pengawas akan jelek.


  1. Melewatkan Kesempatan Mendapatkan Ilmu

Waktu magang itu tergolong singkat oleh karena itu, sebaiknya sebagai anak magang Kamu bisa memanfaatkan waktu untuk belajar dan menyerap ilmu di tempat magang. Jangan hanya menunggu tugas datang lalu Kamu tidak mempelajari ilmu yang ada di tempat magang.


Ketika magang, sebaiknya tanamkan terus jiwa pembelajar dan kembangkan rasa tahu yang tinggi.


Nah, itulah ulasan beberapa hal yang harus dihindari ketika magang kerja. Yang terpenting saat melamar magang atau ketika magang, utamakan attitude yang baik dan rendah hati. Semoga informasi ini bermanfaat.


Comments

Popular posts from this blog

Makanan Khas Makassar Yang Wajib Dijadikan Oleh-Oleh

7 Tips Ini Harus Dikembangkan Calon Orang Tua Baru Atau Pemula

Apa Saja Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan? Cari Tau Selengkapnya Yuk!