6 Puncak Gunung Populer di Sumatra Utara yang Jadi Tujuan Para Pecinta Alam

gunung-di-sumatra-utara

Caranya.net — Sebagai pecinta alam, Anda wajib mengetahui beberapa gunung di Sumatra Utara yang populer dikunjungi oleh para pendaki gunung. Tak hanya memiliki trek yang lumayan menantang, pemandangan yang disuguhkan juga sangat indah.

Berikut daftar puncak gunung di Sumatra Utara yang wajib Anda jadikan tujuan destinasi gunung untuk ditanjaki berikutnya.

Gunung Populer di Sumatra Utara yang Sering Dikunjungi Para Pendaki Gunung

1. Gunung Sibayak

Gunung yang terletak di Kabupaten Karo Sumut ini punya ketinggian yang cukup menantang, yaitu 2.904 meter diatas permukaan laut (mdpl). Warga Karo menyebut gunung ini dengan sebutan Gunung Raja.

Puncak gunung ini bisa menjadi gunung tujuan untuk para pemula. Karena trek di sana cukup mudah diakses dan menawarkan pemandangan yang cukup memuaskan.

Gunung ini pernah meletus pada tahun 1881. Namun, hingga sekarang dianggap masih sangat aman untuk didaki.

Gunung ini terletak sekitar 50 km dari Kota Medan. Namun tidak sedikit anak-anak muda dari Kota Medan yang ingin menaklukan gunung ini. Bahkan setiap 17 Agustus para komunitas pecinta alam melakukan kegiatan rutin dengan mengadakan lomba panjat pinang di area ini.

2. Gunung Sibuaten

Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Sumatra Utara yang juga disebut dengan Deleng Sibuaten. Dalam bahasa Karo memang mempunyai arti bahwa gunung ini merupakan gunung tertinggi.

Gunung ini berada tidak jauh dari Danau Toba, dan merupakan salah satu dari deretan pegunungan Barisan. Letaknya berada di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Karo dan Kabupaten Dairi.

Dengan tinggi mencapai 2.457 mdpl, gunung bisa didaki dengan waktu tempuh dari mulai 7 jam sampai 9 jam. Bagi para pecinta alam pemula tidak disarankan untuk mendaki gunung ini, karena aksesnya yang lumayan berat karena lembab dan treknya licin, terutama saat hujan.

3. Gunung Sorik Marapi

Gunung ini menawarkan kawah berwarna biru yang tidak kalah dengan Gunung Rinjani. Gunung yang terletak di kawasan Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) ini bisa diakses melalui Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal.

Bagi para pecinta alam, gunung bisa menjadi puluhan untuk tujuan saat liburan. Treknya yang cukup menantang dengan ketinggian 2.145 mdpl dengan tawaran kawah biru yang berada di puncak pastinya menjadi pilihan terbaik.

Medannya cukup ekstrim, jadi tidak direkomendasikan untuk pendaki pemula. Berbeda dengan para pecinta alam yang sudah terbiasa dengan medan yang ekstrim, tentunya jalur ini bisa menjadi pilihan terbaik mendaki di Sumatera Utara.

4. Gunung Pusuk Buhit

Gunung ini terletak di salah satu bagian pinggir barat Danau Toba. Gunung ini dalam sebuah mitologi dipercaya merupakan tempat asal mula Suku Batak.

Pusuk Buhit masih aktif hingga sekarang, dengan ketinggian hanya 1972 mdpl yang aksesnya terbilang mudah. Gunung yang berada di Kabupaten Samosir ini bisa menjadi tujuan lengkap saat berkunjung ke Danau Toba.

5. Gunung Sipiso-piso

Gunung yang punya nama ini mirip dengan air terjun di dekat Danau Toba. Gunung ini terletak di Kecamatan Merek Kabupaten Karo dengan ketinggian yang cukup rendah, yaitu 1900 mdpl.

Salah satu keunikan gunung ini adalah pohon-pohon yang tumbuh hanya berada di bagian puncak. Karena keunikan tersebut warga sekitar menyebutnya dengan nama Bukit Gundul.

Siapapun bisa mendaki gunung ini, karena trek yang dilewati cukup mudah, bahkan bisa dengan sepeda motor. Karena itu banyak pendaki yang memilih melakukan pendakian di puncak ini saat hari-hari libur. Mengingat di puncak bisa melihat pemandangan Danau Toba yang cukup menawan, gunung ini menjadi salah satu pilihan yang tepat.

6. Gunung Sibual-buali

Gunung yang terdapat di Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan ini terbilang cukup menantang. Bukan karena ketinggiannya, melainkan jaraknya yang cukup jauh dari Medan, yaitu sekitar 20 jam perjalanan.

Namun, pemandangan yang ditawarkan cukup membuat para pecinta alam ingin datang ke gunung yang punya ketinggian 1.861 mdpl.

Itulah beberapa gunung di Sumatera Utara yang menjadi tujuan pendakian paling populer.

Ingin mendapatkan informasi lebih banyak seputar kabar Sumut hari ini terbaru? Kunjungi laman IDN Times Regional Sumatra Utara atau nantikan informasi terbarunya di Caranya.net!

Baca juga: 4 Makanan Khas Palembang yang Enak dan Wajib Dicoba!

Comments

Popular posts from this blog

Makanan Khas Makassar Yang Wajib Dijadikan Oleh-Oleh

7 Tips Ini Harus Dikembangkan Calon Orang Tua Baru Atau Pemula

Cara Mendidik Anak Perempuan dalam Islam, Agar Kelak Menjadi Wanita Solehah