Pengertian dan Sejarah Asmaul Husna yang Harus Kamu Ketahui

pengertian dan sejarah asmaul husna


Caranya.net - Pengertian Asmaul Husna adalah nama-nama baik milik Allah SWT. Secara keseluruhan Asmaul husna hanya pantas menjadi milik Allah SWT sebagaimana kebesaran dan keagung yang hanya miliki-Nya. Karena itu mempelajari dan memahami Asmaul Husna dan artinya dapat menumbuhkan kekaguman dan kecintaan manusia kepada Tuhannya yakni Allah SWT.

Nama-nama baik Allah SWT dalam Asmaul Husna melambangkan sifat-sifat-Nya yang agung dan sempurna. Meski sebagian dari sifat baik tersebut dapat dicontoh manusia, namun kesempurnaan hanya milik Allah dan manusia memiliki banyak kelemahan.

Baca juga: Cara Mendidik Anak dalam Islam Agar Kelak Menjadi Sholehah

4 Hal Tentang Asmaul Husna dan Artinya

Bagi umat muslim mempelajari Asmaul Husna dan memahami artinya sangat penting. Disamping itu dapat juga mempelajari berbagai hal dari 99 nama baik milik Allah SWT tersebut. Berikut hal-hal terkait Asmaul Husna yang wajib kamu ketahui.

1. Arti Asmaul Husna

Seperti telah disinggung arti asmaul husna berarti nama-nama baik Allah. Berasal dari bahasa Arab yakni asal kata Al-Asmaau yang artinya nama jamak dan Al-Husnaa yang berarti baik. Nama baik tersebut merupakan sifat sempurna sebagai perlambangan keagungan sang pencipta yakni Allah SWT.

Dari arti tersebut bisa dilihat perbedaan Allah yang maha sempurna dan manusia yang penuh kelemahan. Maka dari itu sudah sudah selayaknya sebagai manusia bertawakal kepada-Nya.

2. Sejarah Asmaul Husna

Asmaul husna pertama kali diturunkan dalam sebuah ayat kepada Rasulullah Saw. Dikisahkan ketika itu Rasul yang telah melakukan shalat di Mekah lalu berdoa. Dalam bagian doa, Rosul mengucap “Ya Rahman, Ya Rahim,” yang menunjukkan nama lain Allah SWT.

Namun kaum musyrikin yang mendengar bacaan Muhammad mengartikan lain. Mereka mencemooh Nabi telah menyembah dua tuhan yakni Rahman dan Rahim. Saat itulah turun Q.S Al-Isra ayat 110 yang bunyinya:

قُلِ ادْعُوا اللَّهَ أَوِ ادْعُوا الرَّحْمَٰنَ ۖ أَيًّا مَا تَدْعُوا فَلَهُ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ ۚ وَلَا تَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتْ بِهَا وَابْتَغِ بَيْنَ ذَٰلِكَ سَبِيلًا

Artinya

Katakanlah: "Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu".(Q.S. Al-Isra/17:110)

Maka jelas Allah sang pemiliki nama-nama baik yang tergambar dalam Asmaul Husna tidak terbantahkan.

3. Manfaat Mengamalkan Asmaul Husna

Mengamalkan Asmaul husna tidak hanya memberi pengetahuan akan keagungan Allah namun memiliki banyak manfaat. Di antaranya mendekatkan diri pada Allah, menabah keimanan dan menjadi muslim sejati, membuka pintu riski, menyembuhkan penyakit, mendapat perlindungan, memperoleh keselamatan dan lain sebagainya.

Secara spesifik mengamalkan bacaan Asmaul husna baik diamalkan siapa saja. Bagi yang telah berumah tangga, dapat memperoleh manfaat seperti mudah memperoleh keturunan, menjaga keharmonisan keluarga. Sedangkan untuk yang menjadi pelajar dapat bermanfaat untuk mencerdaskan otak, memperoleh kemudahan dan meningkatkan rasa percaya diri.

4. Terdiri dari 99 nama baik

Asmaul husna terdiri dari 99 nama yang melembangkan keagungan Allah SWT. Tidak ada pemilik nama tersebut kecuali Allah yang esa. Ke 99 nama tersebut dimulai dari Ar-rahman dan Ar-rohim seperti yang dibaca nabi dalam doanya yang didengar kaum musyirikin. Berikutnya masih ada 97 nama baik hingga As Shabuur: Yang Maha Sabar.

Demikianlah penjelasan tentang hal-hal terkait Asmaul Husna dan artinya yang kamu pelajari. Semoga bermanfaat untuk meningkatkan keimanan kamu, ya! 

Comments

Popular posts from this blog

Makanan Khas Makassar Yang Wajib Dijadikan Oleh-Oleh

7 Tips Ini Harus Dikembangkan Calon Orang Tua Baru Atau Pemula

Apa Saja Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan? Cari Tau Selengkapnya Yuk!