Makanan Khas Makassar Yang Wajib Dijadikan Oleh-Oleh

4-makanan-khas-makassar-untuk-oleh-oleh

Caranya.net - Jika membahas soal kuliner apa iya kita hanya menikmatinya saja dan tidak membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah? Nah, jika kalian berkunjung ke kota Makassar ada banyak sekali makanan khas yang akan memanjakan lidah kalian. Pasalnya Makassar memang terkenal dengan makanan khasnya yang sangat bervariasi mulai dari rasa, bentuk dan masih banyak lagi. Nah jika kalian hanya menyantapnya namun tidak membawakan apa-apa untuk keluarga di rumah rasanya tidak etis bukan. Berikut makanan khas Makassar yang menarik untuk dijadikan sebagai oleh-oleh:

1. Otak-otak Ikan Tenggiri

Oleh-oleh pertama yang akan kita bahas yaitu otak-otak ikan tenggiri, sebenarnya makanan ini sangat terkenal di seluruh Indonesia. Namun otak-otak ikan tenggiri yang berasal dari kota Makassar ini memiliki perbedaan mulai dari rasa dan bahannya. Otak-otak ikan tenggiri khas Makassar ini memiliki aroma yang sangat wangi dikarenakan dimasak dengan menggunakan daun pisang. Untuk menjadikannya sebagai oleh-oleh ada baiknya kalian harus membeli saat akan berencana untuk pulang karena otak-otak ikan tenggiri ini merupakan makanan yang tidak memiliki ketahanan yang lama atau bisa dibilang mudah basi.

2. Bannang-bannang

Mungkin makanan ini terdengar asing di telinga kalian namun bannang-bannang adalah makanan yang termasuk populer di kota Makassar. Nama makanan ini sesuai dengan bentuknya yaitu memiliki bentuk seperti benang menumpuk dan memiliki tekstur yang renyah. Untuk soal rasa makanan ini memang juara apa lagi untuk orang yang menyukai rasa manis. Rasa manis makanan ini pun juga tidak terlalu berbahaya bagi orang menderita penyakit diabetes karena rasa manis dihasilkan dari gula merah. Makanan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh karena makanan ini dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama saat menempuh perjalanan.

3. Kue Kurma

Nah makanan ini memang cocok untuk dijadikan oleh-oleh, selain memiliki bentuk yang unik makanan ini memiliki rasa yang berbeda. Sebenarnya nama makanan ini tak ada hubungannya sama sekali dengan kurma karena bahan dasar kue ini adalah tepung terigu, telur dan maizena hanya saja bentuk dari kue ini memang memiliki bentuk yang hampir sama dengan kurma. Untuk bentuk sendiri kue ini sudah cukup menarik perhatian apa lagi dibalut dengan toping kacang yang memenuhi seluruh bagian kue. Makanan ini juga sangat tahan lama atau tidak mudah basi dan sangat cocok untuk dijadikan camilan bersama keluarga.

4. Kacang Sembunyi

Dari namanya saja makanan ini sudah cukup menarik perhatian, ya kacang sembunyi adalah makanan yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Makassar. Untuk bahan makanan ini sendiri terbuat dari kacang tanah dan tepung yang memiliki rasa gurih dan manis. Makanan ini sangat populer di Makassar untuk dijadikan sebagai camilan bagi para anak muda. Makanan ini cukup kudsh ditemukan di pasar-pasar sehingga kalian tak perlu kesulitan untuk mencarinya. Selain itu makanan ini juga tahan lama untuk dibawa saat perjalanan jauh. Banyak orang yang membeli kacang sembunyi sebagai makanan khas kota Makassar yang unik.

Nah itulah beberapa makanan khas Makassar yang menarik untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas Makassar. Sebenarnya masih banyak lagi makanan khas Makassar yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh namun makanan di atas adalah makanan yang direkomendasikan. 

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan membantu kalian yang sedang bingung untuk mencari oleh-oleh khas Makassar ya!

Baca juga: 4 Makanan Khas Palembang yang Enak dan Wajib Dicoba

Comments

Popular posts from this blog

Inilah 15 Makanan Khas Bogor Yang Selalu Dicintai

Bibir Terlihat Segar Dengan Madu

Inilah 5 Cara Menghilangkan Kuit Kering