Cara Mendidik Anak Perempuan dalam Islam, Agar Kelak Menjadi Wanita Solehah

cara-mendidik-anak-perempuan-dalam-islam

Caranya.net - Dengan hadirnya anak tentunya akan membawa banyak kebahagiaan di tengah-tengah keluarga. Anak ini merupakan amanah dari Allah SWT yang diberikan kepada kita sebagai orang tua. Nah, untuk menjaga amanah yang besar ini, sebagai orang tua harus berusaha untuk mendidik anak menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Lalu bagaimana cara mendidik anak yang benar sesuai tuntunan agama? Maka dari itu, dalam artikel kali ini, Caranya.net akan memberikan informasi tentang cara mendidik anak perempuan dalam Islam. Mari kita simak cara-caranya.

1. Mengajarkan Cara Pergaulan dan Adab-adab Yang Baik

Dalam hal ini, seorang anak perempuan harus diberikan bekal pendidikan tentang tata cara bergaul sejak dini. Sebaiknya orang tua menjelaskan tentang batasan-batasan bergaul dengan lawan jenis (laki-laki). Sebagaimana yang telah diajarkan oleh Rasulullah, beliau mengajari anak perempuannya untuk tidur secara terpisah dengan anak laki-laki setelah berusia 10 tahun. Selain itu, beliau juga menjelaskan tentang pentingnya perempuan untuk menjaga pandangannya, dan jangan berpenampilan seperti laki-laki.

2. Mengajarkan Anak Menutup Aurat

Cara mendidik anak perempuan dalam Islam selanjutnya adalah ajarkan anak perempuan untuk menutup aurat. Diriwayatkan dari Aisyah ra: bahwa Asma’ binti Abi Bakar menemui Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam dengan menggunakan pakaian yang pendek, maka berpalinglah Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam seraya berkata, "Wahai Asma’, sesungguhnya wanita, apabila telah baligh, tidak pantas terlihat kecuali ini dan ini (beliau menunjuk wajah dan kedua telapak tangannya)” (HR. Abu Daud).

Hadits di atas secara jelas menjelaskan bahwa rasul mengajarkan kepada umatnya yang perempuan, termasuk anak-anaknya untuk berpakaian secara Islami, yakni dengan menutup aurat. Selain itu, hal ini juga sesuai dengan perintah Allah SWT dalam Al Qur'an Surah Al-Ahzab: 59.

3. Ajarkan Pekerjaan Rumah Tangga

Seorang anak perempuan nantinya setelah dewasa akan menjadi seorang istri. Sedangkan istri yang baik adalah para istri yang mampu menjalankan pekerjaan rumah tangga, seperti merawat anak, memasak, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sebaiknya diajarkan kepada anak perempuan tentang seputar pekerjaan rumah tangga, tentunya disesuaikan dengan kemampuannya. Misalnya mulai mengajarinya mengepel, dan menyapu. Kemampuan sang anak dalam mengurusi pekerjaan berbenah tersebut akan berguna bagi dirinya ketika ia hidup sendiri maupun ketika ia telah berumah tangga. Tak hanya anak perempuan, anak laki-laki pun harus diajarkan kesadaran dan kemampuan mengerjakan pekerjaan rumah tangga agar tidak bergantung kepada orang lain kelak.

Baca juga: Kumpulan Sholawat Nabi dan Manfaatnya yang Dapat Menghapus Kesedihan

4. Memberikan Pendidikan Umum dan Pemahaman Seputar Fiqih Wanita

Rasulullah SAW suatu saat bersabda,“Barang siapa yang mengayomi 2 anak perempuan hingga dewasa. Maka ia akan datang pada hari kiamat bersamaku”. Kemudian Anas bin Malik pernah berkata: "Nabi menggabungkan jari-jari jemari beliau” (HR.Muslim 2631).

Hadits ini menjelaskan bahwa orang tua wajib mengayomi anak perempuannya. Mengayomi di sini bisa diartikan memberikan pendidikan yang layak, baik itu pendidikan agama maupun umum (seperti matematika, sains, sosial, dan lain sebagainya).

5. Bersikap Lemah Lembut Kepada Anak Perempuan

Cara mendidik anak perempuan dalam Islam berikutnya adalah dengan memberikan contoh kepada perilaku lemah lembut kepada anak-anak perempuan. Jangan pernah berlaku kasar kepada anak perempuan, terlebih lagi sampai memukulnya. Karena perbuatan tersebut justru bisa membuat anak semakin membangkang.

6. Ajarkan Doa-Doa Harian

Cara mendidik anak perempuan dalam Islam yang terakhir adalah ajarkan tentang doa-doa harian. Misalnya doa sebelum dan sesudah tidur, doa sebelum dan sesudah makan, doa masuk dan keluar kamar mandi, doa menggunakan baju, dan lain-lain. Selain itu, ajarkan juga untuk selalu mengucapkan basmalah (bismillah) sebelum melakukan sesuatu, dan setelah selesai ucapkan Alhamdulillah. Dan jangan lupa untuk ajarkan ucapan Insya Allah ketika hendak menjalin janji. Sehingga dengan demikian, anak akan terbiasa serta mempraktekannya hingga dewasa.

Demikianlah cara-cara mendidik anak perempuan sesuai dengan kaidah agama Islam yang bisa Anda ketahui. Tak hanya itu, semoga 6 cara di atas bermanfaat bagi Anda dan bisa untuk Anda praktekkan. Dari semua cara di atas, hal lain yang harus kita pahami adalah, pentingnya kesabaran seorang orang tua dalam mengasuh darah dagingnya. Karena segala hal yang dilakukan dengan penuh kesabaran, pasti akan membawa hasil yang baik pula.

Baca juga: Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Baik, Patuh, dan Religius

Comments

Popular posts from this blog

Inilah 15 Makanan Khas Bogor Yang Selalu Dicintai

Bibir Terlihat Segar Dengan Madu

Popbela Mengajak Kita Untuk Tetap Bersatu Meski Berbeda