4 Makanan Khas Palembang yang Enak dan Wajib Dicoba!

makanan-khas-palembang-wajib-coba

Caranya.net - Keindahan alam Indonesia memang sangat terkenal hingga ke mancanegara. Karena memang di Indonesia banyak sekali tempat-tempat unik dan indah yang bisa dijadikan tempat wisata. Salah satu destinasi wisata tersebut salah satunya adalah Kota Palembang. Selain terkenal dengan tempat wisatanya yang indah memukau, Palembang juga terkenal dengan kulinernya. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini kami akan memberikan beberapa referensi makanan khas Palembang yang enak.

1. Roti Koing

Makanan khas Palembang yang pertama adalah Roti Koing. Makanan yang satu ini sangat familiar di masyarakat Palembang. Makanan ini merupakan makanan yang wajib ada untuk berbuka puasa di bulan Ramadhan. Makanan yang berbentuk bulat dan sedikit keras ini memiliki rasa yang tawar. Biasanya cara menyantap makanan ini dengan cara merendam roti ke dalam kopi atau teh terlebih dahulu. Makanan ini banyak dijual di sejumlah pasar tradisional Palembang, termasuk di Pasar 26 ilir yang berlokasi di Talang Semut, Bukit Kecil, Talang Semut, Bukit Kecil, Talang Semut, Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Harganya juga cukup murah yakni mulai dari Rp 3 ribu saja per bungkus. 

2. Godo – Godo

Godo – godo ini bisa dibilang sebagai makanan turunan dari pempek. Karena memang adonannya sangat mirip dengan pempek walaupun tidak menggunakan bahan dari ikan, melainkan udang. Untuk kuah, makanan ini sama dengan pempek yakni kuah cuka. Memang untuk menemukan makanan yang satu ini tidaklah mudah di Palembang. Karena makanan ini hanya dijual oleh para pedagang gorengan keliling di pinggiran jalan kota Palembang, diantaranya di Pasar Cinde. Pasar ini berlokasi di Jl. Jend. Sudirman, 24 ilir, Bukit Kecil, 24 ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Pasar ini buka setiap hari mulai pukul 06.00-18.00 WIB. Harga makanan ini sangatlah murah, yakni hanya Rp 1 ribu saja per buah.

3. Gulo Puan

Makanan khas Palembang selanjutnya adalah Gulo Puan. Makanan ini merupakan kuliner yang sudah jarang ditemukan di Palembang. Padahal makan tradisional yang satu ini, menurut sejarah dulunya merupakan makanan ningrat yang hanya bisa dinikmati oleh kaum bangsawan dan orang yang sudah berangkat haji saja. Makanan yang terbuat dari susu kerbau dan gula ini bisa dijadikan bahan olahan makanan lainnya walaupun bisa dikonsumsi secara langsung. Untuk bisa menikmati makanan ini anda bisa coba mengunjungi sekitaran Masjid Agung Palembang pada hari Jumat. Atau anda juga bisa mengunjungi Gulo Puan Mang Robin yang berlokasi di Jl. Seduduk Putih, 8 ilir, ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Kedai ini buka setiap hari Jumat mulai pukul 10.00-14.00 WIB. Harga makanan ini hanya Rp 100 ribu per kilogram. 

4. Kemplang dan Kopi Palembang

Kemplang merupakan kerupuk dari Palembang dengan rasa udangnya yang khas. Yang uniknya, anda bisa menikmati kemplang ini dengan secangkir kopi yang juga khas dari Palembang. Kerupuk kemplang ini sangat mudah ditemukan dimana-mana, terutama di Palembang. Kemplang ini biasanya dijual di tempat penjualn oleh-oleh khas Palembang lainnya. Salah satu tempat yang menjual kemplang ini Pasar Tradisional Cinde Palembang. Pasar ini berlokasi di Jl. Jend. Sudirman, 24 ilir, Bukit Kecil, 24 ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Pasar ini buka setiap hari mulai pukul 06.00-18.00 WIB. Harga kemplang ini cukup murah, yakni sekitar Rp 22 ribu per kilo.

Itulah 4 makanan khas Palembang yang wajib untuk Anda cicipi jika sewaktu-waktu Anda mengunjungi kota tersebut. Jangan lupa simpan atau catat referensi di atas ya!

Baca juga: Siapkan 5 Makanan Khas Semarang Berikut Untuk Oleh-oleh Saat Berwisata


x

Comments

Popular posts from this blog

Inilah 15 Makanan Khas Bogor Yang Selalu Dicintai

Bibir Terlihat Segar Dengan Madu

Popbela Mengajak Kita Untuk Tetap Bersatu Meski Berbeda