Selain Kesehatan, Inilah 7 Manfaat Ikan Salmon Untuk Kecantikan

Manfaat Ikan Salmon

Caranya.net - Bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan, ternyata ikan salmon juga memiliki sederet manfaat untuk kecantikan alami.

Pada dasarnya, merawat kulit tidak hanya dengan menggunakan produk perawat saja, melainkan juga harus diimbangi dengan pola hidup sehat dan makan-makanan yang kaya akan nutrisi.

Saat ini ada banyak sekali makanan yang bisa Anda konsumsi untuk merawat kesehatan kulit dari dalam. Salah satunya adalah ikan salmon.

Jenis ikan laut ini bukan hanya dikenal karena rasanya yang enak dan lezat, melainkan juga memiliki sederet manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Dimana mengkonsumsi ikan salmon secara rutin dipercaya mampu meningkatkan kesehatan kulit sehingga kulit terlihat lebih cantik secara alami.

Untuk Anda yang selama ini mengira ikan salmon hanya bermanfaat untuk kesehatan, berikut beberapa manfaat ikan salmon untuk kecantikan dan kesehatan kulit dari dalam:

Melembabkan Kulit dari Dalam


Dikutip dari Melda Isaac yakni seorang dokter kulit dari Washington DC menyebutkan bahwa kandungan asal lemak omega-3 pada ikan salmon mampu menjaga dan melembabkan kulit dari dalam.

Manfaat lain dari lemak omega-3 ini adalah membuat kulit nampak lebih sehat, kenyal, dan terawat. Bukan hanya itu saja, asam omega-3 yang masuk dalam lemak jenuh ini juga mampu menjaga elastisitas kulit dan mengurangi peradangan.

Melawan Penuaan Dini


Salah satu efek dari peradangan kulit adalah timbulnya kerusakan elastin dan kolagen yang membuat kulit lebih cepat keriput.

Berdasarkan sebuah penelian yang diterbitkan pada Jurnal Acta Biohimica Polonica, kandungan astaxanthin yang terdapat pada ikan salmon mampu menjaga kulit tetap sehat dan awet muda.

Astaxanthin merupakan sejenis antioksidan alami yang berperan melawan penuaan dini. Selain itu, astaxanthin juga memiliki manfaat lain seperti menghilangkan bintik-bintik hitam, memudarkan bekas luka, melembabkan kulit, dan menjaga tekstur kulit tetap halus.

Membuat Kulit Jadi Lebih Glowing Secara Alami


Ikan salmon yang diperkaya kandungan lemak esensial ini mampu membuat kulit jadi lebih glowing secara alami.

Ketika kulit mendapatkan asupan lemak sehat yang sangat tinggi, maka kulit akan nampak lebih lembab dan glowing. Hal inilah yang membuat ikan salmon banyak dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kulit Kering di Wajah dengan Bahan-bahan Alami

Melindungi Kulit dari Sinar UV


Menurut ahli dermatologi, ikan salmon memiliki kandungan vitamin D yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang.

Bukan hanya itu saja, vitamin D juga berperan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat merusak lapisan kulit terluar.

Selain itu, vitamin D juga dapat membantu memperbaiki sel kulit yang telah rusak dan membantu melawan radikal bebas.

Mengatasi Peradangan Pada Kulit


Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan salmon yang bersifat anti-radang dapat mengatasi peradangan pada kulit. Bahkan dalam sebuah penelitian lain, rutin mengkonsumsi daging ikan salmon dapat menurunkan resiko Psoriasis dan penyakit kanker kulit.

Mampu Mencegah Timbulnya Jerawat Pada Kulit


Vitamin D yang terkandung dalam ikan salmon memiliki sifat anti-mikroba yang sangat baik untuk mencegah timbulnya jerawat pada kulit.

Selain itu, sifat anti-radangnya juga dapat mencegah peradangan akibat kulit yang berjerawat parah.

Mencegah Penyakit Kanker Kulit


Karena memiliki kandungan antioksidan ynag cukup tinggi, ikan salmon juga dapat mencegah resiko terkenanya penyakit kanker kulit, menghentikan peradangan kronis, dan juga melindungi kulit dari efek radikal bebas.

Itulah sederet manfaat ikan salmon untuk kecantikan yang bisa Anda ketahui. Konsumsi ikan salmon secara rutin untuk mendapatkan sejumlah manfaat di dalamnya.

Baca juga: 8 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut Supaya Lebih Sehat dan Berkilau

Comments

Popular posts from this blog

Inilah 15 Makanan Khas Bogor Yang Selalu Dicintai

Bibir Terlihat Segar Dengan Madu

Popbela Mengajak Kita Untuk Tetap Bersatu Meski Berbeda