Inilah 15 Makanan Khas Bogor Yang Selalu Dicintai



Caranya.net - Berbicara makanan khas, Indonesia selalu memiliki makanan khas disetiap daerahnya. Setiap kota, setiap provinsi, hingga setiap pulaunya dihiasi dengan makanan khas yang biasanya dibedakan dari bahan pembuatannya, cara membuatnya, hingga sajian, atau ditujukkan untuk apa makanan khasnya tersebut.

Ada juga makanan khas yang disesuaikan dengan kondisi atau cuaca dari daerahnya tertentu. Setiap daerah biasanya memiliki makanan khas yang sangat dicintai para masyarakatnya dan bahkan wisatanya.

Anda sebagai orang Indoenesia mesti bangga loh, ada banyak sekali bahkan jutaan mungkin. Makanan khas yang bisa kita nikmati, makanannya bisa dirasakan saat Anda sedang lapar dipagi hari, bahkan ketika Anda melakukan perjalanan jauh setelah dahaga yang menyerang.

Makanan khas menjadi ciri khas daerah tertentu, untuk mengenalkan dan mempersembahkan hidangan yang akan membuat siapapun puas sudah berkunjung didaerah tertentu.

Makanan Khas Bogor Yang Nikmat


Jika Anda sedang pergi ke Bogor, Anda akan mendapatkan banyak sekali jenis makanan khasnya. Bogor merupakan sebuah daerah yang berada pada kondisi curah hujan tinggi, ini mengapa seringkali kotanya dijulukli kota hujan. Bogor berada dipertengahan antara kota Depok dan kabupaten Bogor.

Luas wilayah Bogor mencapai 118,50 km², sehingga dipenuhi banyak penduduk, biasanya urbanisasi tinggi dari daerah sekitar Bogornya. Bogor memperingati hari jadi kelahirannya di setiap tanggal 3 Juni.

Anda yang memang hanya lewat atau sengaja datang ke Bogor entah itu untuk traveling atau sedang berkunjung kekeluarga. Bisa segera menikmati makanan khasnya yang beragam dan banyak macamnya.

Jangan sampai Anda kelewatan beragam jenis makanan khasnya, karena makanan khas Bogor ini memberikan kenikmatan yang special dan membuat Anda tak mudah untuk dilupakan. Anda rasanya tak ingin berbagi kenikmatan makanan khas Bogor jika sedang mencicipinnya.

Rasakan Berbagai Makanan Khas Bogor


Saaat cuacannya sedang mendung, dingin, selain itu ditemani dengan kabut ada banyak sekali makanan khas bogor yang bisa menemani. Tapi jangan salah, ada juga kok makanan-makanan yang tepat dikonsumsi saat cuacanya sedang panas, makanan-makanan khas dari Bogor ini nantinya bisa dinikmati dan dicicipi setiap waktunya.  Dibawah ini ada referensi makanan khas bogor yang mungkin ingin Anda cicipi ketika sedang berkunjung ke Bogor.

1. Asinan Jagung Bakar


Makanan khas satu ini berasal dari bahan jagung bakar yang dihidangkan dalam piring, lalu dibanjur oleh kuah cabai, bersama cuka dan gula. Citarasa yang dihailkan beragam, ada manis, pedas, asin. Lalu dilengkapi dengan tambahan kerupuk mie dan irisan mentimun.

2. Asinan Bogor




Jalan-jalan ke Bogor belum lengkap jika Anda belum mengunjungi oleh-oleh makanan khas Asinan. Nah asinan ini merupakan peninggalan budaya Tionghoa dan Asli budaya Bogor. Biasanya terdiri dari tiga jenis bahan makanan, yaitu buah, sayur, ditambah campuran keduanya. Biasanya ditambah dengan rasa pedas, sehingga rasanya semakin segar, pedas, bahkan campuran asin.

3. Pie apple pie


Jika Anda terpikirkan membawa oleh-oleh makanan ringan khas Bogor,  Apple pie adalah pilihan yang tepat. Apple pie ini berbentuk ukuran hati dengan ukuran yang cukup besar. Biasanya dijual dalam bentuk dus atau bungkusan. Tekstur yang dihasilkan garing dan renyah dengan tambahan selai apel lembut. Anda bisa pergi ke Jalan Pangrango Nomor 10, Bogor, untuk mendapatkan sajian pie apple pie terenak.

4. Roti unyil


Makanan khas Bogor selanjutnya yang sering sekali dijadikan sebagai oleh-oleh ialah, roti unyil. Roti unyil ini sudah memiliki cabang disejumlah kota besar lainnya. Rotinya dibuat dalam bentuk kecil, tidak seperti kebanyak roti. Roti bisa dimakan dalam satu kali gigitan saja. Biasanya roti unyil ini paling nikmat dan cocok sekali dijadikan buah tangan.

5. Bir Kotjok



Jika Anda ingin beristirahat sambil berbincang, biasanya ditemani dengan minuman yang segar baik itu menghangatkan atau membuat tubuh menjadi berenergi kembali, nah di Bogor, biasanya minuman Bir Kotjok adalah pilihan tepat. Bir Kotjok terbuat dari bahan jahe merah, kayu manis, aren, gula pasir, dan cengkeh.  Minuman ini segar dan berkhasiat bagi kesehatan, minumannya tidak mengandung alkohol sama sekali.

6. Talas khas Bogor



Makanan khas bogor lainnya ialah Talas, Anda akan menemukan banyak seklai penjual talas disekitar jalan daerah menuju ke Bogor. Cara menikmatinya ialah, dengan merebus talas, menjadi beberapa potongan, lalu dihidangkan dengan tambahan parutan keju.

7. Dodongkal



Makanan khas bogor yang mungkin pernah Anda dnegar jika sedang berada di daerah Jawa Barat ialah Doongkal. Terbuat dari tepung beras dengan campuran gula aren dan parutan kelapa. Rasa yang dihasilkan, lezat dan gurih, biasanya dodongkal dibuat menjadi tumpeng, dan di sajikan menjadi potongan kecil menjadi hidangan cemilan.

8. Lasagna Gulung



Lasagna adalah makanan yang ebrasal dari Italia, nah di Bogor lasagna dibuat menjadi makanan khas spageti yang dipanggang, dan diventuk dengan cara digulung. Ada beragam pilihan rasa yang bisa dipilih, yaitu kerang, ayam, beef, dan tunas. Lasagna gulung ini sudah banyak dijual jika Anda pergi ke Bogor.

9. Sop Duren Lodaya




Anda sipenggemar durian bisa mencoba kekhassan durian di Bogor, Anda bisa datang ke salah satu kafe di Jalan Bangbarung Raya Nomor 69, Bogor Utara. Menu Andalannya ialah semua menu makanannya dihidangkan dengan bahan durian. Cocok sekali bagi kamu sipecinta durian.

10. Cimori 


Nah satu lagi makanan khas yang dijadikan sebagai oleh-oleh khas Bogor, ialah Cimori. Ini Andalah produk dari susu sapi dan yoghurt. Cimori terletak di puncak Cisarua. Berbagai macam menu olahannya terbuat dari bahan susu sapi segar langsung dari perternakan sapi, berbagai olahannya seperti susu, yoghurt, nugget, sosis, mochi dan lainnya.

11. Lumpia Basah



Ingin ngopi-ngopi cantik, Anda bisa menikmati hidangan lumpia basah dengan isian tauge, ebi giling, cacahan bengkoang, telur, dan tahu. Dihidangkan tanpa digoreng dan tidak digulung,  hanya disajikan dengan adonan kulit. Anda bisa pergi ke depan resto Ngo Hiang di Jalan Surya Kencana Nomor 307, untuk menikmati lumpia basah ini.

12. Brownies pisang



Para penggemar brownies yang sedang berkunjung ke Bogor, Anda bisa merasakan jenis makanan khas brownies pisang. Makanan satu ini memang belum seterkenal Talas atau skotel, Namun brownies pisang ini patut dicoba bertempat di d’fla cake house. Anda bisa merasakan rasa yang unik dari tekstur yang lembut brownies dan campuran pisang sehingga rasanya lezat. Ada pilihan rasa green tea, original dan rasa keju.

13. Papapia


Anda yang mencari oleh-oleh makanan khas bogor, bisa membeli makanan papapia. Ini adalah oleh-oleh yang sudah ada sejak tahun 2008. Ini adalah makanan khas bogor yang merupakan makanan resep turun temurun dari keluarga. satu box dari papapia dijual seharga Rp.25 ribu – Rp.30 ribu,  di Jalan Dalurung I Nomor 16, Bantarjati, Bogor.

14. Cungkring


Nah satu lagi makanan yang enak dicicipi saat sarapan. Ada makanan khas yang namanya cungkring. Pernah dengar? Cungkring ini ialah kaki sapi, yang dibuat dengan bagian daging khusus yaitu kikil, dampal, urat, dan kulit. Setelah itu, disajikan dengan bungkus nasi, bersama ketupat, barulah dibanjur dengan bumbu sate, cungkring ini nikmat dan khas masyarakat kota Bogor.

15. Kacang Bogor di Istana



Cuaca Bogor yang dingin dan diikuti hujan, membutuhkan makanan khas yang hangat. Maka pilihannya ialah Kacang Bogor di Istana. Kacangnya berbentuk bulat, dengan warna ungu. Jajanan ini banyak dijual disepanjang jalan istana dari bulan februari sampai dengan april.

Comments

Popular posts from this blog

Bibir Terlihat Segar Dengan Madu

Popbela Mengajak Kita Untuk Tetap Bersatu Meski Berbeda