Manfaat Bubur Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil dan Balita


Siapa yang tidak suka bubur kacang? Semua orang pasti menyukai makanan tradisional asli Indonesia ini. Karena selain rasanya yang manis dan lezat, juga memiliki banyak manfaat terutama bagi ibu hamil dan balita yang sedang dalam masa pertumbuhan. Untuk itu dalam tips parenting kali ini akan membahas tentang manfaat bubur kacang hijau bagi ibu hamil dan balita :

1. Mengandung Thiamin

Zat Thiamin ini dikenal juga dengan nama thiamine atau vitamin B1. Pada setiap 100 gram kacang hijau yang sudah direbus ini mengandung  14% kandungan zat Thiamin, dan setara dengan 0,164 mg. Adapun manfaat zat Thiamin ini adalah bisa mengubah karbohidrat menjadi energi. Sehingga yang memungkinkan janin bisa mendapatkan energi.

Zat Thiamin ini juga berfungsi untuk melancarkan fungsi otot, jantung, dan sistem saraf supaya bisa berjalan dengan normal. Pada ibu hamil, manfaat tersebut akan ditambah lagi, yakni sebagai nutrisi yang sangat penting untuk perkembangan otak.

Oleh sebab itu, pada saat bunda sedang hamil serta menyusui, maka sebaiknya penuhi kebutuhan bunda dengan Thiamin ini, minimal 1,4 mg perhari.

2. Bisa Meningkatkan Kecerdasan Pada Anak


Perlu anda ketahui bahwa kacang hijau ini merupakan sumber asam folat yang sangat tepat dalam mengoptimalkan daya ingat anak. Dengan daya ingat yang kuat inilah yang bisa membantu anak anda untuk lebih mudah memahami serta mengingat materi yang dia pelajari di sekolah, sehingga dia tidak akan mengalami kesulitan pada saat mengerjakan tugas atau menghadapi ujian.

3. Mengandung Folat

Perlu bunda ketahui bahwa dalam 100 gram kacang hijau yang sudah direbus ini mengandung 40% folat, dan folat ini termasuk ke dalam kelompok vitamin B. Folat ini sangat penting sekali bagi ibu hamil, karena zat folat ini sangat berperan dalam produksi sel darah merah serta bisa membantu tabung saraf janin berkembang menjadi sumsum tulang belakang dan otak.

Sehingga dengan mengkonsumsi asam folat sebanyak 400 mcg perhari sebelum dan selama masa hamil bisa membantu untuk mencegah bayi terlahir dengan kelainan sumsum tulang belakang dan otak.

4. Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh


Pada kacang hijau ini terdapat kandungan flavonoid yang memiliki peran yang sangat penting sebagai ani-mikroba dan anti-inflamasi yang berfungsi untuk melawan bakteri serta virus yang masuk ke dalam tubuh anak. 

Sehingga dengan demikian, anak akan memiliki daya tahan tubuh yang sangat kuat, yang akhirnya anak akan jarang sekali untuk terserang penyakit yang bisa mengganggu aktivitasnya sehari-hari.

Itulah beberapa manfaat bubur kacang hijau bagi ibu hamil dan balita, semoga informasi ini ada guna dan manfaatnya.

Comments

Popular posts from this blog

Inilah 15 Makanan Khas Bogor Yang Selalu Dicintai

Bibir Terlihat Segar Dengan Madu

Popbela Mengajak Kita Untuk Tetap Bersatu Meski Berbeda