Ini Dia Beberapa Cara agar Anak Mau Berpuasa dengan Benar


Bagi setiap muslim yang sudah baligh dan berakal sehat menjalankan ibadah puasa dibulan Ramadhan hukumnya adalah wajib. Bagi anak yang belum baligh atau dewasa tentunya belum wajib menjalankan ibadah puasa ini. 

Tetapi mempunyai anak soleh adalah menjadi dambaan setiap orangtua. Solehnya seorang anak tentunya tidak akan terlepas dari peranan orangtua didalam mendidik anak untuk menjalankan kewajiban dalam agamanya, dan salah satunya adalah dengan mengajarkan anak untuk berpuasa. 

Untuk membuat anak mau menjalankan ibadah puasa ini bukanlah hal yang mudah, karena bagi anak menjalankan ibadah puasa ini adalah sesuatu hal yang berat. Tetapi orangtua tidak perlu khawatir karena ada banyak cara agar anak mau berpuasa dengan benar. Berikut beberapa cara agar anak mau berpuasa dengan benar diantaranya yaitu : 

1. Dengan Menjelaskan Makna Dan Hikmah Berpuasa

Agar anak tertarik untuk melakukan puasa maka sebaiknya orangtua memberikan pengetahuan kepadanya tentang apa dan bagaimana puasa dan juga jelaskan ibadah ibadah di bulan Ramadhan yang lainnya. 

Tentunya menjelaskannya dengan menggunakan bahasa anak yang akan mudah dimengerti olehnya dan dengan cara yang menyenangkan. Misalnya dengan cara menceritakan atau mendongeng dari sebuah buku yang berisi tentang makna menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. 

2. Dengan Menjelaskan Manfaat Puasa

Orangtua juga sebaiknya menjelaskan tentang manfaat puasa pada anak dengan menggunakan bahasa yang menyengkan dan tentunya akan mudah dipahami oleh anak. 

3. Dengan Memberi Motivasi Pada Anak Agar Berpuasa Sesuai Dengan Usianya

Orangtua juga sebaiknya memberikan motivasi kepada anak agar mau berpuasa yang disesuaikan dengan usianya. Agar anak termotivasi untuk menjalankan puasa, orangtua bisa dengan menjanjikan kepada anak akan memberinya hadiah jika mereka mau berpuasa. 

Hadiah itu bisa dalam bentuk uang saku tambahan, mainan, ataupun dengan berwisata ke tempat favoritnya jika hari lebaran sudah tiba. Sehingga nantinya anak akan bersemangat dan antusias untuk melakukan puasa. 

4. Dengan Berbuka Puasa Disetiap Adzan 

Anak yang masih berusia 5 hingga 6 tahun mungkin belum mampu untuk menahan rasa lapar, sehingga ajarkanlah anak berpuasa dengan berbuka pada setiap waktu adzan berkumandang. 

Misalnya ketika adzan dzuhur maka biarkanlah anak berpuasa lalu melanjutkan lagi puasanya hingga ashar, kemudian diwaktu ashar berbuka lagi dan melanjutkan puasanya hingga maghrib tiba. Jika mereka berhasil menjalankan puasa maka berikanlah pujian tetapi jika mereka tidak kuat maka jangan paksakan.

5. Dengan Mengajak Anak Sahur Bersama

Ajaklah anak untuk sahur bersama anggota keluarga yang lainnya. Dengan melakukan hal ini maka nantinya diharapkan anak akan terbiasa untuk beradapatasi dan akan memahami jika waktu sahur itu adalah untuk mempersiapkan energinya agar kuat berpuasa disiang harinya. 

Itulah beberapa cara agar anak mau berpuasa dengan benar. Selain itu masih ada cara yang lainnya seperti dengan membuat menu makan sahur yang sesuai dengan makanan favorit anak sehingga anak mau makan nantinya. Suasana sahur juga akan terasa berat bagi anak karena diwaktu sahur itu anak akan merasa sangat ngantuk, sehingga buatlah suasana sahur menyenangkan yang akan membuat anak ceria dan senang. 

Comments

Popular posts from this blog

Inilah 15 Makanan Khas Bogor Yang Selalu Dicintai

Bibir Terlihat Segar Dengan Madu

Popbela Mengajak Kita Untuk Tetap Bersatu Meski Berbeda