Ini Dia Beberapa Cara agar Anak Mampu Puasa hingga Satu Hari Penuh


Bagi setiap muslim yang sudah baligh dan berakal sehat adalah sebuah kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa dibulan suci Ramadhan. Sedangkan bagi anak yang belum baligh atau dewasa belum wajib untuk menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan. 

Mempunyai anak yang soleh adalah menjadi dambaan setiap orangtua, dan agar anak menjadi soleh nantinya maka harus diberi pengetahuan dan dididik dalam masalah keagamaan sedari kecil. Agar anak menjadi soleh maka peranan orangtua sangatlah besar karena yang akan mendidik anak untuk menjalankan kewajiban dalam agamanya adalah orangtuanya, dan salah satunya adalah dengan mengajarkan anak untuk berpuasa dibulan Ramadhan. 

Agar anak mau menjalankan ibadah puasa ini bukanlah hal yang mudah, karena pada umumnya menjalankan ibadah puasa ini adalah sesuatu hal yang berat bagi anak. Anak yang masih berumur 5 hingga 6 tahun biasanya belum bisa menahan lapar sehingga kemungkinannya tidak akan kuat untuk puasa selama satu hari penuh.

Tetapi orangtua tidak perlu khawatir karena ada banyak cara agar anak mampu puasa hingga satu hari penuh. Berikut beberapa cara agar anak mampu puasa hingga satu hari penuh diantaranya yaitu : 

1. Mengajak Anak Sahur Bersama

Ajaklah anak untuk sahur bersama anggota keluarga yang lainnya. Dengan melakukan hal ini maka nantinya diharapkan anak akan terbiasa untuk beradapatasi dan akan memahami jika waktu sahur itu adalah untuk mempersiapkan energinya agar kuat berpuasa disiang harinya. Karena jika anak tidak sahur maka anak pastinya tidak akan kuat untuk berpuasa selama satu hari penuh. 

2. Membuat Menu Sahur Sesuai dengan Makanan Favorit Anak

Agar anak mau makan sahur maka siapkanlah menu makan sahur yang merupakan makanan favorit atau kesukaan anak sehingga anak akan bersemangat untuk menyantapnya. Tetapi yang harus diperhatikan adalah makanan favorit anak itu harus mengandung gizi dan karbohidrat serta nutrisi yang dibutuhkan oleh anak. Hal ini perlu dilakukan karena ini sebagai cara untuk membujuk anak agar makan sahur.

3. Membuat Suasana Sahur yang Menyenangkan 

Waktu sahur bagi anak adalah sesuatu hal yang akan terasa berat karena diwaktu itu sebagian anak akan merasa sangat ngantuk, sehingga anak tidak akan mau bangun dan makan sahur. Jika anak tidak sahur maka anak tidak akan kuat untuk berpuasa. Oleh karena itulah sebaiknya orangtua membuat suasana sahur yang menyenangkan sehingga anak akan ceria dan juga senang.

4. Dengan Memberikan Anak Makanan yang Mengandung Lemak dan Serat 

Agar rasa lapar anak dapat berkurang ketika sedang berpuasa maka sebaiknya anak diberikan makanan yang mengandung lemak. Selain itu juga berikan anak makanan yang mengandung serat sehingga akan dapat memperlancar buang air besarnya. 

5. Dengan Memberikan Anak Minuman yang Mengandung Gula

Ketika sahur berikanlah anak minuman yang mengandung cukup gula seperti teh manis, susu, atau jus buah. Hal ini perlu dilakukan orangtua karena gula itu akan mudah larut dan diserap oleh tubuh sehingga dapat dengan cepat digunakan menjadi sumber energi. 

Itulah beberapa cara agar anak mampu puasa hingga satu hari penuh. Agar anak tahan puasa hingga magrib juga maka sebaiknya pada saat sahur tidak diberikan vitamin penambah nafsu makan, karena jika diberi vitamin ini maka akan membuat anak akan mudah merasa lapar. 

Selain itu juga jaga anak agar tidak terlalu banyak bergerak karena jika anak banyak bergerak dikhawatirkan anak akan merasa cape dan haus, yang akhirnya akan minta buka puasa. 

Comments

Popular posts from this blog

Inilah 15 Makanan Khas Bogor Yang Selalu Dicintai

Bibir Terlihat Segar Dengan Madu

Popbela Mengajak Kita Untuk Tetap Bersatu Meski Berbeda